telusur.co.id- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah memiliki 102 Pos Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) yang tersebar di lima wilayah kota.

Kepala Seksi Komunikasi Operasi Bidang Pengendalian Kebakaran Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Achmad Syaihum mengatakan, keberadaan ratusan Pos Gulkarmat tersebut sangat berguna untuk mempercepat respons time penanganan kebakaran maupun musibah lainnya.

“Kami masih akan melakukan penambahan pos hingga mendekati jumlah ideal. Sehingga, penanganan kebakaran maupun bencana lainnya bisa semakin cepat dan optimal,” ujarnya, Selasa (5/2/19).

Ia menjelaskan, penanganan cepat terhadap musibah kebakaran maupun yang lainnya sangat bisa berkorelasi dengan upaya meminimalisir kerugian materiil maupun potensi korban jiwa.

BACA JUGA :  KAPAK Desak Polisi Usut Anggaran Pemprov DKI Untuk Ratna ke Chile

“Kita juga rutin memberikan sosialisasi dan pelatihan kepada warga, terutama terkait upaya penanganan dini kebakaran,” terangnya.

Menurutnya, saat musim hujan, petugas dari Dinas Gulkarmat juga turut bahu-membahu melakukan evakuasi dan memberikan bantuan saat terjadi genangan di permukiman warga.

“Musim hujan juga rentan dengan terjadinya pohon tumbang. Untuk itu kami juga selalu siaga melakukan evakuasi pohon tumbang,” terangnya.

Achmad menambahkan, Dinas Gulkarmat juga cepat dalam merespons laporan masyarakat berkaitan dengan pengendalian hewan yang berpotensi membahayakan keselamatan manusia.

“Kami sering melakukan evakuasi ular, buaya, maupun hewan liar lainnya hingga sarang tawon,” tandasnya, dilansir dari PPID Jakarta.[tp]

Like :

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini