Calon Presiden nomor urut 01 Jokowidodo (kiri) dan Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto (kanan) dalam debayt capres/Istimewa

telusur.co.id – Pengamat politik dari Universitas Pakuan, Andi Asrun meyakini penampilan Prabowo Subianto di debat capres kedua akan mengungguli pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Keyakinan itu, karena Prabowo-Sandi sangat konsen dan mengetahui seluk beluk perekonomian bangsa, baik makro maupun mikro. Prabowo-Sandi juga merupakan pengusaha yang sukses.

“Prabowo-Sandi mengetahui secara detail sistem perekonomian. Makanya, Prabowo pasti unggul didebat kedua,” duganya, Jumat.

Apalagi, jika di debat nanti, Jokowi pamer keberhasilan pembangunan infrastruktur yang masif sebagai bukti sukses pemerintahannya. Tetapi itu justru jadi makanan empuk bagi Prabowo melumat capres petahana tersebut.

BACA JUGA :  Empat Serangan Prabowo Pada Jokowi

Sebab, pembangunan proyek infrastruktur banyak dikritik. Dosen Universitas Pakuan ini membeberkan kritikan yang disampaikan oleh Wapres Jusuf Kalla. JK mengkritik proyek LRT Jabodetabek, karena akan lebih murah bila dibangun di tanah bukan diatas tanah (elevated).

Contoh lain salah strategi pembangunan infrastruktur adalah jalan tol bertingkat Jakarta-Cikampek yang dikerjakan bersamaan dengan proyek LRT dan kereta cepat Jakarta-Bandung yang bukan kebutuhan mendesak. Diperkirakan tidak akan rampung sampai hari pencoblosan 17 April. “Publik juga mempertanyakan efektifitas jalan trans Papua.”

Contoh paling telak kesalahan adalah pembangunan LRT Palembang yang sangat merugikan akibat biaya operasional sekitar Rp10 miliar per bulan dibandingkan pemasukan per bulan yang hanya Rp2 miliar.

BACA JUGA :  Survei PPPP: Prabowo-Sandi Kalahkan Jokowi-Ma'ruf Amin

Di luar kelemahan pembangunan proyek infrastruktur, Prabowo juga akan secara mudah mengoreksi kebijakan ekonomi Jokowi yang sering “buat sejam dan batalkan sejam kemudian” seperti keputusan pemerintah menaikkan harga BBM oleh Menteri Jonan dan dibatalkan Jokowi tidak lama kemudian.

“Pembatalan kebijakan pemerintah hanya dalam waktu sekejap memperlihatkan kelemahan kualitas manajemen Pemerintahan Jokowi. Segenap kelemahan itu jadi makanan empuk bagi Prabowo untuk melumat Jokowi di Debat Pilpres II,” tandasnya. (ham)

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini