Tembok AS-Meksiko. Foto: Istimewa

telusur.co.id- Sekretaris Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Patrick Shanahan mengatakan, AS belum memutuskan terkait pendanaan tembok perbatasan AS-Meksiko. Dan, tembok perbatasan apakah kebutuhan militer serta berapa banyak uang Pentagon yang akan digelontorkan.

Presiden AS Donald Trump, sebelumnya menyatakan keadaan darurat nasional dalam upaya untuk mendanai tembok perbatasan AS-Meksiko tanpa persetujuan kongres.

“Kami selalu mengantisipasi bahwa ini akan membuat banyak perhatian dan karena uang berpotensi dapat dialihkan. Anda dapat membayangkan kekhawatiran yang dihasilkannya,” kata Shanahan kepada wartawan yang bepergian bersamanya dari perjalanannya ke Afghanistan, Timur Tengah dan Eropa, dilansir dari Reuters, Minggu.

BACA JUGA :  CIA: Rusia Akan Campuri Pemilu Parlemen AS Tahun Ini

“Kami belum membuat keputusan, kami telah mengidentifikasi langkah-langkah yang akan kami ambil untuk membuat keputusan itu,” sambungnya.

Shanahan menuturkan, militer telah melakukan perencanaan dan analisis awal. Kemudian, analisis itu akan ditinjau pada hari Minggu.[

Untuk mengatasinya, Gedung Putih mengatakan bahwa Trump akan mengakses US$6,1 miliar dari dua sumber di Pentagon. Di antaranya US$3,6 miliar dari dana pembangunan militer dan US$2,5 miliar dari dana melawan peredaran obat-obatan milik Departemen Pertahanan.

Namun demikian, Shanahan memastikan, dalam waktu dekat dirinya akan bertemu dengan sekretaris dinas mempertanyakan sebenarnya dari mana uang itu berasal.[tp]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini