Putera Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman. (Ist)

telusur.co.id – Putera Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) direncanakan akan melakukan kunjungan ke Jakarta pada 19 Februari mendatang. Kunjungan MBS ke Jakarta ini adalah dalam rangka kunjungan resmi kenegaraan.

Pihak kepolisian pun telah mempersiapkan pengamanan terhadap MBS. Dalam pengamanan putera mahkota Saudi itu, Polri akan dibantu oleh beberapa pihak seperti intelijen dan TNI.

“Rencana pengamanan kunjungan putera mahkota Arab Saudi sudah dilakukan. Persiapan dilakukan oleh Polda Metro dan bekerja sama dengan Kodam Jaya dan Paspampres, ini kan tamu kenegeraan, tugas polisi melakukan pemgamanan VIP,” ujar Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jumat (15/2/19).

BACA JUGA :  Polisi Tangkap Dua Tersangka Hoaks Server KPU, Dua Lainnya Masih Diburu

Dedi menjelaskan, untuk pengamanan tersebut, Polri menyiapkan 307 personel yang terdiri dari beberapa Satgas. Mereka terdiri dari pihak intelijen, Sabhara, Lantas, Brimob, Obvit dan Ditkrimum.

“Kemudian ada juga Satgas dari Polres yaitu Jaksel, Jakpus dan Jaktim. Pada prinsipnya Polri mendukung pengamanan jalur,” terangnya.

Lebih jauh Dedi menuturkan, untuk pengawalan VIP dan objek yang dikunjungi akan ditangani oleh Kodam Jaya. Sementara Polri ditempatkan di ring 2 dan ring 3.

“Ring 4 pengamanan jalur akan ditangani personel gabungan TNI dan Polri. Kita akan lakukan rangkaian pengawalan di depan dan belakang,” tambahnya.

BACA JUGA :  Polisi Ungkap Peran Penting Joko Driyono dalam Skandal Pengaturan Skor

Dia mengatakan, sebenarnya tidak ada perintah khusus terkait pengamanan putra mahkota. Namun dalam protap pengamanan tamu negara, Polri dan TNI wajib mengamankannya.

“Diminta atau tidak, kewajiban negara adalah menerima kunjungan tamu negara,” pungkasnya. (asp)

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini