Rizal Ramli dalam jumpa pers / telusur.co.id

telusur.co.id – Pembangunan infrastruktur yang dilakukan Presiden Joko Widodo menuai pujian dari ekonom senior Rizal Ramli.

Menurut Rizal, masyarakat juga harus fair soal Jokowi banyak bangun infrastruktur untuk menghubungkan antar kota ke desa, serta luar Pulau Jawa.

“Kita juga harus fair. Pak Jokowi banyak bangun infrastruktur. Termasuk pelabuhan, lapangan udara dan jalan desa,” kata Rizal Ramli dalam konperensi pers di kediamannya, Kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Senin (25/2/19).

Meski begitu, Rizal mempertanyakan angka-angka yang disampaikan bekas Gubenur DKI Jakarta itu.

“Cuman angkanya itu berlebihan. Disuruh itung jalan sendiri, presiden kurang kerjaan banget, rakyatnya disuruh itung sendiri,” kata Rizal.

BACA JUGA :  Gerindra Yakin Pertemuan Jokowi Dan PA 212 Tak Gerus Suara Partai

Selain itu, dirinya mengkritik beberapa proyek infrastruktur yang berpotensi merugi dan harus disubsidi rakyat. Misal, proyek jalan tol Pantura kemungkinan bakal merugi sekitar Rp 380 miliar per tahun.

“Satu hari berarti satu miliar. Kalau 10 tahun, tinggal dikalikan berapa? Atau yang di Palembang monorail. Itu terjadi karena planning nggak jalan, kedua, karena Presiden Widodo seneng over klaim. Anak buahnya sudah tahu, bos seneng diangkat-angkat. Istilahnya ‘Dawuh Pandito Ratu’.”

“Kalau bangun ini, studi belum selesai dibangun dan sebagainya. Jadi, kita mesti fair. Ada yang bagus buat rakyat, ada yang juga bagus untuk mengurangi ketimpangan, tapi ada juga yang bakal jadi tanggungan rakyat Indonesia,” kata Rizal. [ipk]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini