telusur.co.id – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan meretas sejarah di bidang prestasi kinerja penyelenggaraan  pemerintahan. Setelah pada tahun 2017, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan berada pada posisi terbaik menengah dengan kategori nilai BB, maka pada tahun  2018, pemerintahan yang saat ini dipimpin Gubernur Sahbirin Noor dan Wakil Gubernur Kalsel Rudy Resnawan,  naik tahta dengan nilai A hingga  menjadi terbaik untuk wilayah II.

Ini setelah  Hasil Evaluasi   SAKIP 2018 dari Kementeriaan Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) RI,  merekomendasikan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan sebagai pemerintah provinsi  terbaik penerapan SAKIP bersama Provinsi Jawa Tikur untuk wilayah II. 

Istimewanya lagi pada event nasional penyerahan SAKIP oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Syafruddin,  di Hotel Golden Tulip Banjarmasin, Rabu (6/2), menempatkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur berada pada  peringkat teratas untuk wilayah II,   terdiri dari wilayah DKI Jakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur,  Lampung dan Kalimantan Utara.

BACA JUGA :  Rapor Akuntabilitas Kinerja, Jabar dan Bandung Pertahankan Predikat A, 20 Pemda Berpredikat BB

Atas hasil ini pun Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi RI, Syafruddin mengapresiasi para kepala daerah, atas keteladanan dan dorongan kuat mewujudkan pemerintahan yang baik berbasis kinerja.

Dimana, penerapan SAKIP merupakan salah satu upaya mencegah terjadinya  inefisiensi anggaran serta mampu menciptakan kinerja berbasis hasil terbaik.

“Selamat untuk Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan Jawa Timur atas raihan prestasi SAKIP kategori A untuk wilayah II. Ini merupakan prestasi membanggakan sebagai wujud komitmen terukur mewujudkan pemerintahan yang  beroreantasi pada hasil kinerja,” terang mantan Wakapolri ini.

Bagi provinsi lain yang belum meraih Kategori A di wilayah II,  Syafruddin berharap untuk terus berusaha mewujudkan sistem akuntabilitas kinerja pemerintahan yang lebih baik.

BACA JUGA :  Efisiensi Dalam Birokrasi, Tidak Cukup Hanya Dengan Memotong Anggaran

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor dengan rendah hati

mengungkapkan capaian kinerja yang diimplementasikan Pemerintah Provinsi hingga berhasil meraih nilai SAKIP A merupakan kerja kolektif .

Menurutnya, koloborasi, soliditas dan semangat kerja gembira didukung partisipasi segenap komponen masyarakat adalah faktor utama pendorong prestasi Pemerintah Provinsi.

Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalimantan Selatan ini berharap perangkat kerja dan Aparatur Sipil Negara di jajarannya untuk terus mempertahankan prestasi yang diraih dengan tetap memacu kinerja.

“Bagi kami Penghargaan SAKIP terbaik bukan tujuan akhir. Tujuan utama adalah bagaimana implementasi SAKIP memberikan dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan rakyat ” ucapnya.

Didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Abdul Haris, Paman Birin usai menerima penghargaan  kepada pers mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder terkait, khususnya Kemenpan RB atas asistensi dan pembinaan dalam penyusunan SAKIP.

“Terima kasih juga kami ucapkan kepada para ulama,  pimpinan dan anggota legislatif, insan media dan lembaga profesi lainnya yang turut berjasa bagi pembangunan daerah,” pungkas Paman Birin. (ham)

Like :

1 KOMENTAR

  1. Hmm it appears like your site ate my first comment (it was super long) so I guess I’ll just sum it up what I wrote and say, I’m thoroughly enjoying your blog. I as well am an aspiring blog blogger but I’m still new to everything. Do you have any tips and hints for inexperienced blog writers? I’d genuinely appreciate it.

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini