Tes Urine Seluruh Kalapas Di Kalsel / telusur.co.id

telusur.co.id – Kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Kalimantan Selatan, melakukan tes urine dadakan kepada seluruh Kepala Lembaga Pemasyarakat dan Kepala Rumah Tahanan, Selasa (12/2/19).

Tes dilakukan saat istirahat kegiatan rapat kerja teknis (Rakernis) dilingkungan Divisi Pemasyarakatan Kantor Kemekum dan HAM Provinsi Kalsel, sebagai upaya mendukung program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba atau P4GN.

“Sebanyak puluhan kepala Lembaga Pemasyarakatan, Rumah Tahanan, bahkan yang masuk dalam UPT Divisi Pemasyarakatan termasuk beberapa Kepala Divisi di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan harus di tes urinenya,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalsel, Ferdinan Siagian.

BACA JUGA :  KPAI Minta Orang Tua Pantau Anaknya Saat Malam Tahun Baru

Tes urine, dilakukan untuk memutus jaringan narkoba di Rumah Tahanan, Lembaga Pemasyarakatan dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA). Sebab ia curiga masih ada indikasi peredaran gelap narkoba yang ditengarai dikendalikan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun oknum petugas.

“Terhadap isu ini saya mengharapkan agar langkah-langkah prime action dalam pemberantasan narkoba tersebut dapat dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab,” kata Ferdinan.

Usia hampir 30 menit melaksanakan tes urine, tercatat sebanyak 45 sample diperiksa secara langsung dan menghasilkan hasil negatif narkoba.

“Tes urine semacam ini akan terus dilakukan. Seandainya nanti ada hasil positif saya tidak main-main karena langsung akan diproses dan dibuatkan berita acara serta dilaporkan ke Kementerian Hukum dan HAM. Jadi saya minta petugas jangan main-main dengan narkoba karena hukuman terberat adalah pemberhentian,” kata Ferdinan. [ipk]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini