Foto:Google Map

telusur.co.id- Beberapa situs militer Taiwan tidak sengaja diungkapkan kepada publik melalui Google Map 3D. Situs militer yang terlihat termasuk fasilitasnya untuk rudal patriot buatan Amerika Serikat (AS).

Anggota parlemen Taiwan meminta dibuat rencana darurat untuk mencegah lokasi rahasia rudal Patriot menjadi sasaran Beijing jika terjadi konflik terbuka.

“Sebenarnya, lokasi infrastruktur pertahanan pada masa damai tidak akan sama dengan pada saat perang,” kata Menteri Pertahanan Taiwan Yen Te Fa dilansir dari SCMP, Sabtu (16/2).

Ini bukan pertama kalinya Taiwan meminta rincian fasilitas militernya dikaburkan oleh Google. Pada tahun 2016, ia meminta raksasa teknologi itu untuk mengaburkan sebagian dari Pulau Taiping (Reuters)

Peta baru Google 3 dimensi, yang merupakan perpanjangan dari peta satelit berisi kota-kota besar di dunia, menampilkan gambar yang lebih bagus kualitasnya. Ada tampilan tiga dimensi untuk empat kota besar di Taiwan yaitu Taipei, New Taipei, Taoyuan, dan Taichung.

Kualitas gambar yang bagus membuat peluncur rudal Patriot itu terlihat dengan jelas seperti jenis peluncur, dan model dari rudal yang terpasang. Lokasi rudal ini adalah daerah Ankeng di Taipei. Infrastrukur pertahanan dari Biro Keamanan Nasional atau NSB dan Biro Intelijen Militer juga diketahui dengan jelas.

Pada bulan Januari Presiden Cina Xi Jinping mendesak Taiwan untuk tidak menghentikan unifikasi. Dia menyarankan hal itu dapat dicapai melalui model satu negara, dua sistem yang sama yang diterapkan di Hong Kong dan Makau dengan prinsip Satu Tiongkok.

Namun, seorang pejabat pertahanan mengatakan kepada SCMP bahwa, selain meminta Google untuk mengaburkan lokasi, militer akan bekerja untuk memperkuat penyamaran struktur dan fasilitas.

“Sebenarnya, bagian rahasia semuanya ada di dalam struktur yang akan sangat sulit untuk diekspos melalui peta 3D,” katanya.

Ini bukan pertama kalinya Taiwan meminta rincian fasilitas militernya dikaburkan oleh Google. Pada tahun 2016, ia meminta raksasa teknologi itu untuk mengaburkan sebagian dari Pulau Taiping, atau Aba, di Laut Cina Selatan, di mana ia membangun benteng militer.

Pada 2012, Taiwan meminta Apple Maps untuk mengaburkan pangkalan di kota utara Hsinchu, rumah bagi radar canggih buatan AS, yang mampu mendeteksi rudal yang diluncurkan sejauh Xinjiang di barat laut Cina.[asp]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini