telusur.co.id – Dalam rangka memberikan bekal dan pemahaman tentang Pramuka Garuda kepada para siswa, maka Gudep (Gugus Depan) 18.147-18.148 Pangkalan SMP Al Falah Deltasari Waru Sidoarjo adakan Sosialisasi Pramuka Garuda.

Kepala Sekolah SMP Al Falah Deltasari, Tutik Susilowati mengatakan, dari kegiatan ini, sekolah akan menerima penghargaan lencana Kamabigus (Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan) dari pihak Kwarcab (Kwartir Cabang) Sidoarjo.

“Dengan jalan orientasi lencana terlebih dahulu, karena kami mendorong siswa untuk mengejar Japres (Jalur Prestasi) ke SMA Negeri yang ada di Sidoarjo,” ujarnya saat memberikan sambutan kepada siswa.

Sementara itu, Wakil Ketua Kwarcab Sidoarjo, Abd. Munif mengatakan, sosialisasi pramuka garuda ini dikuatkan karena mengingat UU Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka yang turut aktif memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara.

BACA JUGA :  Himaprodi DKV Unusida Gelar Visualistation III

Sangking masifnya gerakan pramuka, hanya keorganisasian sekolah ini yang dibuatkan Undang-undang oleh Pemerintah. Menengok OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah), Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka), Volly dan organisasi lainnya yang belum dibuatkan Perundang-undangnya. Yang baru dibuatkan Undang-Undang di bidang kesehatan yakni, PMI (Palang Merah Indonesia).

“Di regulasi tingkat Menteri pun, pramuka sangat diwajibkan ada dalam ekstrakurikuler (ekskul) di tiap-tiap sekolah di Indonesia. Karena, pramuka garuda ini memiliki kecakapan yang tertinggi,” tegasnya.

Pramuka Garuda, kata Munif, merupakan seorang pramuka yang teladan dan memenuhi persyaratan serta memiliki tanda Garuda yang sudah diberikan.

Hal senada dengan Munif, Pembina Gugus Depan SMP Al Falah Deltasari, Fauzi Rizal juga menambahkan, gerakan pramuka yang masif di Indonesia karena disebabkan adanya relasi hubungan internasional.

“Ditambah lagi, pada 2 Juni 2019 nanti, diadakan pertemuan di kota Jenewa, Swiss, Eropa. Maka dari itu kami siapkan pejuang-pejuang Pramuka Garuda terlibat dalam pertemuan akbar tersebut, pungkasnya.

BACA JUGA :  Tiga Orang Tewas Akibat Ledakan Bom di Sidoarjo

Lanjut Fauzi, delegasi yang akan dikirimkan merupakan dari Kwartir Cabang yang akan diseleksi oleh Kwartir Daerah dan akan diberangkat oleh Kwartir Nasional.

Dalam pantauan media, di sela-sela sosialisasi Pramuka Garuda, mereka menyanyikan irama pendek lagu pramuka yang diulang-ulang dan sambil bertepuk tangan pramuka yang berbunyi, “Jayalah Pramuka SMP kita SMP Al Falah rajin terampil dan gembira berakhlak mulia.

Perlu diketahui, Pramuka Garuda di SMP Al Falah Deltasari ini merupakan sekolah yang ketiga di Sidoarjo diadakannya sosialisasi Pramuka Garuda sejak tahun 1961 Pramuka masuk di Indonesia. Sekolah pertama yang ada pramuka garuda SMPN 2 Krembung dan kedua SMPN 2 Sidoarjo. (ham)

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini