Foto: telusur.co.id

telusur.co.id – Kubu petahana Joko Widodo-Ma’ruf Amin boleh percaya diri unggul di tingkat nasional menghadapi pesaingnya Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Tetapi di ibu kota, posisi oposisi masih lebih baik.

Dalam survei terbaru berbasiskan daerah pemilihan (dapil) yang digelar Y-Publica, Jokowi-Ma’ruf hanya menang di dapil DKI Jakarta 3 (Jakarta Barat dan Utara), dengan selisih kurang dari 5 persen. Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf mencapai 47,3 persen dan Prabowo-Sandi 42,6 persen.

Di dapil DKI 1 (Jakarta Timur) dan DKI 2 (Jakarta Pusat dan Selatan) Jokowi-Ma’ruf kalah dengan selisih lebih dari 5 persen. Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf di dapil DKI 1 sebesar 39,8 persen dan Prabowo-Sandi 44,1 persen. Di dapil DKI 2, Jokowi-Ma’ruf 39,5 persen dan Prabowo-Sandi 46,0 persen.

BACA JUGA :  Catatan Ekonomi Akhir Tahun, Fadli: Jokowinomics Diambang Kehancuran

“Kekalahan Jokowi-Ma’ruf masih terkait dengan imbas kekalahan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada Pilkada DKI lalu,” kata Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono dalam Survei Nasional Berbasis Dapil, di bilangan Cikini, Jakarta Pusat, Senin (18/2/19).

Diketahui, Pilkada DKI pada 2017 memunculkan Anies Baswedan sebagai gubernur terpilih dengan sokongan partai-partai oposisi. Gelombang protes terkait isu penistaan agama terus dipelihara melalui Reuni Alumni 212, yang disalurkan energinya kepada koalisi oposisi.

“DKI Jakarta, bersama Jawa Barat dan Banten, masih menjadi pertaruhan berat bagi Jokowi-Ma’ruf, sekaligus ujian bagi Prabowo-Sandi untuk mempertahankan dominasinya,” pungkas Rudi.

BACA JUGA :  Jokowi Latihan Tinju, Mau Uppercut Siapa Nih?

Untuk diketahui, survei Y-Publica dilakukan pada 21-30 Januari 2019 di tiga dapil DKI. Jumlah responden masing-masing dapil sebanyak 800 orang yang mewakili setiap kecamatan. DKI 1 mencakup Jakarta Timur, DKI 2 mencakup Jakarta Pusat dan Selatan, dan DKI 3 mencakup Jakarta Barat dan Utara.

Sampel dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling), dengan margin of error 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. [ipk]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini