Manajer Riset Charta Politika, Muslimin Tanja. Foto: telusur.co.id/Noor Muhammad Ikhlas R.

telusur.co.id – Charta Politika Indonesia mengeluarkan hasil survey terbaru mengenai peta dukungan partai politik di DKI Jakarta. Hasilnya, PDIP dan Partai Gerindra bersaing menjadi partai nomor satu di Ibu Kota Jakarta.

Hasil itu tergambar dari survey yang mengambil sampel 800 responden di setiap daerah pemilihan, melalui wawancara tatap muka (face to face interview). Survei dilaksanakan pada tanggal 18 Januari -25 Januari 2019, margin of error dari survei di tiap-tiap daerah pemilihan +/- 3,4%.

Direktur Riset Charta Politika, Muslimin, di Resto Es Teler 77, Jalan Adityawarman, Jakarta Selatan, Senin (11/2/2019) menjelaskan persaingan antara PDIP dan Partai Gerindra cukup tajam

BACA JUGA :  Charta Politika Sebut Kinerja DPR Cukup Baik, Bamsoet: Tentu Saya Senang!

Di dapil DKI 1 yang meliputi wilayah Jakarta Timur menunjukan jika PDIP masih berjaya. Partai banteng moncong putih itu yang unggul masih PDIP 17,6 persen, kemudian Gerindra 14,0 persen.

Kemenangan PDIP berlanjut di dapil DKI 3. PDIP ini unggul dengan meraih 29,4 persen, Gerindra 21,1 persen, nomor 3 ada PKS (7,0 persen), nomor 4 Golkar 5,5 persen, PAN 5,1 persen.

Di dapil DKI 2, PDIP kalah oleh Partai Gerindra. Partai yang dikomandoi oleh Prabowo Subianto itu memimpin dengan 27,0 persen suara disusul PDIP dengan 24,6 persen suara. “Untuk dapil DKI 2, Charta Politika tidak mengambil sampel pemilih luar negeri karena ada kendala faktor teknis,” ujarnya.

BACA JUGA :  Charta Politika: Fungsi Pegawasan DPR Dinilai Publik Paling Optimal

lanjut, ia juga menjelaskan jika survey yang dilakukan ini proporsional tertutup. “Kita menyodorkan simulasi gambar partai, kita tanya kepada pemilih atau masyarakat di DKI 1, 2, dan 3, seandainya pileg untuk memilih anggota DPR RI dilakukan hari ini maka hasilnya, kita melihat bahwa,” kata. (ham)


Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini