Mendagri Tjahjo Kumolo .Foto:Istimewa

telusur.co.id- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dianggap telah membohongi publik saat menyebut “dana desa ada karena Presiden Joko Widodo”. Sebab, dana desa sudah ada perintahnya sejak masa presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Demikian disampaikan oleh Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah dalam akun Twitter-nya @Fahrihamzah, Kamis (21/2/19).

Menurut saya pernyataan ini adalah kebohongan publik….bahaya…dana desa itu amanat UU dan sudah dimulai sejak presiden pak @SBYudhoyono ..,” cuit Fahri.

Fahri menjelaskan, Undang-Undang Dengan itu disahkan pada 18 Desember 2013 dan diberi nomor 6 di awal tahun 2014. “Artinya pada PIDATO NOTA KEUANGAN AGUSTUS 2014 presiden @SBYudhoyono harus dan telah melaksanakan perintah UU untuk mengalokasikan dana desa dalam APBN 2015. Jadi itu perintah UU bukan perintah Pak Joko,” tulisnya.

BACA JUGA :  Rusuh di Kantor Tjahjo Kumolo, Fraksi PDIP : Ini Kejahatan Terhadap Demokrasi

Ditegaskan politikus asal Nusa Tenggara Barat (NTB) ini, Dana Desa itu adalah perintah UU . “Tapi memang begitu masuk belanja APBN 2015 Januari presiden beliau. Jadi beliau salurkan dana desa atas perintah UU yang dialokasikan presiden @SBYudhoyono . Maka, tersesat dan bohong lah pejabat yg bilang dana desa perintah Pak Jokowi,” tandasnya.

Sebelumnya, Mendagri Tjahjo Kumolo menyinggung soal kaitan Dana Desa dengan Presiden Joko Widodo di hadapan kepala desa.

Politikus PDIP ini, awalnya meminta seluruh kepala desa yang hadir untuk berdiri dan mengajarkan sebuah yel-yel. “Kalau saya bilang Dana Desa, jawab Pak Jokowi,” ucap Tjahjo.

BACA JUGA :  Dana Desa Tak Bisa untuk Kelurahan

“Dana Desa,” teriak Tjahjo.

“Pak Jokowi,” jawab para kepala desa.

Tjahjo melakukan hal tersebut usai Jokowi memberi pengarahan kepada peserta Rapat Koordinasi Nasional Penyelenggaraan Pemerintahan Desa di Ecovention Ocean Ecopark, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Rabu (20/2/19).

“Ingat, anggaran dana desa karena ada pak Jokowi,” kata Tjahjo sambil mengakhiri ucapannya.[asp]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini