Presiden AS Donald Trump dan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed Bin Salman (MBS). Foto: Aljazeera

telusur.co.id – Presiden AS Donald Trump menolak desakan dari Senat untuk melaporkan keterkaitan Putra Mahkota Saudi Mohammed Bin Salman, juga dikenal sebagai MBS, memerintahkan pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Seorang pejabat senior administrasi mengatakan kepada media AS bahwa presiden mempertahankan kebijakannya untuk menolak bertindak atas permintaan komite kongres.

Khashoggi, yang merupakan kolumnis Washington Post yang dikenal karena tulisan kritisnya pada pemerintah Saudi, terbunuh pada 2 Oktober 2018, setelah memasuki konsulat Saudi di Istanbul. Tubuhnya terurai dan belum ditemukan.

Awalnya, Arab Saudi, sekutu AS, membantah terlibat dalam pembunuhan itu. Tetapi setelah serangkaian pernyataan yang bertentangan, kerajaan mengakui bahwa tim agen Saudi membunuh penulis di dalam konsulat.

BACA JUGA :  Kenakan Tarif 25 %, Trump Mau Perang Dagang Dengan Eropa dan Jepang

Laporan CIA menyimpulkan bahwa MBS memerintahkan pembunuhan itu, sebuah temuan yang ditolak oleh putra mahkota.

Pembunuhan itu diikuti oleh kemarahan selama berminggu-minggu dengan politisi Barat menuntut agar Arab Saudi bertanggung jawab atas pembunuhan itu.

Kelompok bipartisan Senator AS memicu ketentuan Global Magnitsky Act pada 10 Oktober 2018, yang mengharuskan presiden untuk menyelidiki dan menentukan apakah orang asing bertanggung jawab atas kematian Khashoggi dalam 120 hari. Gedung Putih punya waktu sampai Jumat untuk menyerahkan laporan mereka.

Meskipun Gedung Putih telah menjatuhkan sanksi terhadap 17 orang Saudi atas keterlibatan mereka dalam pembunuhan tersebut, termasuk dua pembantu utama MBS, anggota Kongres menyerukan tindakan lebih besar untuk diambil terhadap kerajaan dan para pemimpinnya.

BACA JUGA :  Sekretaris Pers Gedung Putih Mengundurkan Diri

“Presiden Trump bersikeras bahwa hubungan AS-Saudi lebih penting daripada membangun pertanggungjawaban atas pembunuhan,” kata Mike Hanna dari Al Jazeera, melaporkan dari Washington, DC.

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini