Organisasi lingkungan Greenpeace Indonesia, angkat bicara soal pernyataan calon presiden 01 Joko Widodo.Foto:Net

telusur.co.id- Organisasi lingkungan Greenpeace Indonesia, angkat bicara soal pernyataan calon presiden 01 Joko Widodo yang menyebut, satu di antara keberhasilannya dalam memimpin Indonesia selama 4 tahun terakhir bisa menekan kebakaran hutan dan lahan.

Greenpeace Indonesia dalam akun twitternya, @GreenpeaceID, membantah pernyataan Jokowi itu.

Menurut Greenpeace, sejak peristiwa kebakaran hutan yang besar pada 2015, kebakaran hutan masih terus terjadi sampai dengan 2019.

“Pak @jokowi, tadi mengeluarkan statement bahwa tidak terjadi kebakaran hutan selama 3 tahun terkahir. Faktanya?

Sejak tragedi kebakaran hutan terbesar 2015, kebakaran hutan dan lahan terus terjadi setiap tahun hingga sekarang. #DebatCapres,” cuit akun @GreenpeaceID, Senin (18/2/19).

Greenpeace juga mengunggah data artikel, ‘Api melalap 497,7 hektare lahan di Riau’, sebagai bukti pendukung terhadap kebakaran itu.

BACA JUGA :  Punya Perjanjian, PKB Tetap Dukung Jokowi

“Bahkan bulan ini saja kebakaran hutan di Riau kembali terjadi lagi. Akibatnya?. Kota-kota di Riau terselimuti kabut asap kebakaran hutan dan lahan,”

Bukan itu saja, Greenpeace pun menyebut, sampai saat ini belum ada pembayaran ganti rugi akibat kerusakan lingkungan dan kebakaran, sebesar Rp 18 Triliun dari 11 perusahaan.

“@jokowi, sebut telah memenangkan gugatan perdata terhadap 11 perusahaan yg harus membayar ganti rugi akibat kerusakan lingkungan dan kebakaran total lebih 18 T. Namun belum ada perusahaan yang membayar ganti rugi pada negara sepeser pun. #DebatPilpres2019,” lanjutnya.

BACA JUGA :  Presiden Jokowi Sudah Terima Surat Khofifah

Seperti diketahui, dalam debat capres ke dua, minggu (17/2/19) malam. Jokowi menyebutkan, satu di antara keberhasilannya dalam memimpin Indonesia selama 4 tahun terakhir adalah menekan kebakaran hutan dan lahan.

Capres nomor urut 01 ini mengatakan, selama tiga tahun terakhir pemerintahannya, kebakaran hutan sudah bisa diatasi.

“Kita ingin kebakaran hutan, kebakaran lahan gambut tak terjadi lagi, dan ini sudah kita atasi,” kata Jokowi dalam segmen pertama atau penyampaian visi misi pada debat calon presiden di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

“Dalam tiga tahun ini, tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan gambut,” lanjut Jokowi.[asp]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini