Anggota Fraksi partai Nasdem MPR RI, Johnny G. Plate.Foto: istimewa

telusur.co.id – Anggota Fraksi partai Nasdem MPR RI, Johnny G. Plate menilai dalam berpolitik diperlukan etika. Karena, sesuai dengan ideologi Pancasila.

“Secara tegas saya katakan, harus. Dalam berpolitik harus beretika. Karena, berlandaskan kepada ideologi bangsa kita Pancasila dan tiga konsensus lainnya yakni Kebangsaan NKRI, Kemajemukan dan Konstitusi negara kita,” ujarnya dalam diskusi di Komplek Parlemen, Senayan Jakarta, Senin (11/3/19).

Dikatakan Johnny, saat ini, khususnya di ajang konstalasi Pemilihan Presiden (Pilpres) ada beberapa kekhilafan etika yang luar biasa besarnya.

Yakni, ada fenomena dan upaya-upaya mengalihkan isu kontestasi pilpres menjadi ajang evaluasi negatif kinerja salah satu capres menjadi keunggulan capres lainnya.

Selanjutnya, ada upaya-upaya penggiringan dan pembenturan antara capres dengan kabar-kabar hoax serta fitnah. Hal ini, lanjut dia, harus disadari betul-betul bangsa Indonesia.

Untuk itu, peran seluruh elemen masyarakat sangat diperlukan demi menjaga etika politik tetap berjalan di koridor, salah satunya diperlukan peranan media sebagai pencerahan.

“Pers nasional yang merupakan pilar demokratis yang penting dalam menjaga kualitas demokrasi kita serta diharapkan mampu memastikan demokrasi kita atau politik kita berada di dalam aturan dan batasan-batasan etika,” paparnya.[asp]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini