Joe Biden

telusur.co.id- Mantan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berada di urutan pertama dalam jajak pendapat pemilihan presiden 2020 dari Partai Demokrat di Negara Bagian Iowa. Kemudian, senator Bernie Sanders berada diurutan kedua.

Biden, yang belum mengumumkan apakah ia mencalonkan diri dalam Pilpres 2020, menjadi pilihan pertama pemilih Partai Demokrat di Iowa dengan 27 persen suara. Adapun Sanders mendapat 25 persen suara.  Jajak pendapat digelar oleh Selzer & Co ini.

“Jika saya Joe Biden duduk di pagar dan saya melihat jajak pendapat ini, ini mungkin membuat saya ingin melompat,” J. Ann Selzer, presiden Selzer & Co, yang melakukan jajak pendapat, mengatakan kepada Des Moines Register, seperti dilansir dari Reuters, Minggu (10/3/19).

Jajak pendapat surat kabar Iowa memiliki rekam jejak panjang akurasi relatif di negara bagian saat memulai proses pencalonan presiden. Mulai melakukan jejak pendapat kandidat-kandidat presiden pada 2020 mendatang. Dalam putaran ini, Iowa akan menggelar pertarungan calon kandidat presiden Partai Demokrat pada Febuari 2020.

BACA JUGA :  Baliho Demokrat Dirusak, AHY Akan Lakukan Investigasi

Hampir 65 persen pemilih mengatakan Biden, yang juga seorang senator AS, memiliki pengalaman lebih dari kandidat lainnya. Biden harus mengikuti atau maju dalam bursa capres dari Demokrat.

Sanders, seorang populis progresif yang menggelar unjuk rasa di Iowa saat pemilihan dilakukan minggu lalu, memperoleh 6 poin persentase dari 19 persen dalam jajak pendapat kelompok sebelumnya. Dan, ini dirilis pada bulan Desember. Biden turun 5 poin persentase dari 32 persen dalam jajak pendapat terakhir.

Setidaknya, selusin kandidat utama telah terjun ke dalam kontestasi dari Demokrat untuk memilih calon yang menantang Presiden Republik Donald Trump. Demokrat masih menunggu keputusan dalam beberapa minggu mendatang dari nama-nama besar lainnya seperti Biden dan mantan anggota Kongres Beto O’Rourke dari Texas .

BACA JUGA :  Partai Demokrat Engga Pernah Minta Mahar

Dalam sebagian besar jajak pendapat Partai Demokrat, Biden memiliki kepemimpinan yang solid sementara Sanders, yang kehilangan nominasi Demokrat 2016 untuk Hillary Clinton, biasanya berada di urutan kedua. Dalam jajak pendapat itu, Senator Kamala Harris dari California telah naik ke urutan ketiga dari para senator lainnya termasuk Elizabeth Warren dari Massachusetts, Amy Klobuchar dari Minnesota dan Cory Booker dari New Jersey.

 Dalam jajak pendapat Iowa, Warren berada di posisi ketiga dengan 9 persen pemilih, dan Harris berada di urutan keempat dengan 7 persen. O’Rourke mendapat 5 persen pemilih, turun 6 poin persentase dari Desember.

Itu adalah jajak pendapat Iowa pertama dari Register sejak para kandidat mulai terjun ke jajak pendapat pada awal tahun. Jajak pendapat itu juga mensurvei dukungan kaukus Iowa pada isu-isu yang mendominasi diskusi awal dan mendapat dukungan dari sebagian besar calon presiden dari Partai Demokrat.[TP]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini