Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh / Net

telusur.co.id – Putusan sela Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang menolak eksepsi Surya Paloh, disyukuri kader Partai Nasdem, Kisman Latumakulita.

Dalam putusan di persidangan yang digelar kamarin, hakim memerintahkan sidang gugatan legalitas dan keabsahan Surya Paloh sebagai Ketua Umum Partai Nasdem dilanjutkan ke pemeriksaan pokok perkara.  

Alhamdulillah putusan sela majelis hakim PN Pusat menolak eksepsi Surya Paloh dan Partai Nasdem,” kata Kisman dalam keterangan kamarin.

Disampaikan Kisman, masa jabatan Surya Paloh seharusnya berakhir pada 6 Maret 2018. Hal itu sebagaimana SK Kemenkum HAM No.M.HH.03,AH.11.01, tanggal 6 Maret 2013. Kala itu, MenkumHAM dijabat Amir Syamsuddin.

BACA JUGA :  Wow.. NasDem Jadi Pelabuhan Politik Penyanyi Kondang Nafa Urbach

Alasan dirinya membawa gugatannya ke PN Jakarta Pusat, lantaran Mahkamah Partai tidak merespons gugatannya. Mahkamah Partai, kata dia, hanya sekali menggelar sidang, yakni pada13 November 2018. Akan tetapi, sampai saat ini tidak ada lagi kelanjutannya.

Gugatan yang dilakukannya agar ada kepastian hukum soal kepemimpinan Surya Paloh.

Majelis hakim dalam pertimbangan mengatakan tahapan-tahapan yang ditempuh penggugat sudah sesuai dengan AD/ART Partai Nasdem.

Misal, sebelum sampai ke pengadilan, penggugat sudah terlebih dahulu mengajukan gugatan ke Mahkamah Partai Nasdem.

Tetapi, sampai dengan berakhirnya batas waktu 60 hari yang diberikan pasal 32 undang-undang partai politik, Mahkamah Partai Nasdem tidak juga membuat putusan atas gugatan penggugat.

BACA JUGA :  Pendukung Jokowi Dipersilakan Banjiri CFD

Padahal, pasal 33 ayat 1 undang-undang tentang partai politik menyatakan, dalam hal penyelesaian perselisihan sebagaimana dimaksud dalam pasal 32 tidak tercapai, penyelesaian perselisihan dilakukan melalui pengadilan. [ipk]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini