telusur.co.id – Pemerintah Joko Widodo melakukan revitalisasi ribuan pasar rakyat selama empat tahun terakhir. Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, meyakini dampak besar revitalisasi ini juga mendongkrak elektabilitas pasangan Jokowi-Ma’ruf.

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Ace Hasan Syadzily mengatakan program revitalisasi pasar rakyat merupakan langkah riil pemerintahan Jokowi dalam membangun perekonomian rakyat. Dimana, menjadikan pasar-pasar tradisional tersebut lebih baik dan nyaman bagi masyarakat.

“Itu bukan hanya konsistensi, tapi juga bentuk komitmen Pak Jokowi terhadap pengembangan kantong ekonomi melalui pasar,” ujar Ace saat dihubungi.

Menurutnya, revitalisasi pasar rakyat itu ujungnya adalah untuk meningkatkan produktivitas perekonomian masyarakat. Bahkan, revitalisasi pasar bisa meningkatkan hubungan sosial masyarakat melalui transaksi secara langsung.

BACA JUGA :  Wacana Presiden Jokowi Bentuk KOOPSSUSGAB Tak Tepat

“Karena aktivitas ekonomi paling riil itu sebenarnya ada di pasar, disana pedagang, pembeli, bahkan petani bisa saling interaksi secara langsung,” katanya.

Keberhasilan pemerintah dalam melakukan revitalisasi pasar menjadi bukti kerja keras pemerintah. Diharapkan pula hal itu bisa meningkat elektabilitas Jokowi pada Pemilu mendatang. “Kami harap demikian. Karena itu sebagai bentuk kongkrit dari pengembangan ekonomi di sektor riil,” ungkap Ace.

Terpisah, Pengamat Politik dari Universitas Pelita Harapan, Emrus Sihombing mengatakan, kinerja Calon Presiden Nomor urut 01 Jokowi merevitalisasi ribuan pasar bisa mendongkrak elektabilitasnya di Pilpres 2019. “Setidaknya, masyarakat akan mengapresiasi kinerja yang ditunjukan oleh Jokowi,” kata Emrus.

Menurut dia, secara teroritis, kinerja yang ditunjukan oleh Jokowi akan berpengaruh pada perilaku pemilih (votting behavior). Sebab, pasar bersentuhan langsung dengan masyarakat. “Pak Jokowi dan timnya harus berupaya untuk merebut hati masyarakat. Sebab, elektabilitas belum melewati angka 60 persen,” tambahnya.

BACA JUGA :  Pertahankan Toleransi Keberagaman, SP4JKW Deklarasi Dukung Jokowi Presiden

Padahal, Pemerintahan Jokowi menunjukan hasil kinerja yang baik. Oleh karena itu, Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin harus bekerja keras untuk mendongkrak elektabilitas capres nomor urut 01 itu. 

Hal senada diungkapkan oleh Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Pangi Syarwi Chaniago. Pangi berpandangan, revitalisasi pasar merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan elektabilitas Jokowi di Pilpres 2019. 

“Memang harus diukur dengan riset. Tapi saya pikir itu akan berpengaruh ke elektabilitas elektoral Jokowi,” kata Pangi

Pangi berpandangan, hasil kinerja Jokowi harus disebarkan melalui media sosial. Tujuannya, agar masyarakat mengetahui secara detil kinerja pemerintah. “Semuanya harus dilakukan untuk memenangkan hari masyarakat,” tambahnya. (ham)

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini