Ilustrasi/Net

telusur.co.id – Staf Ahli Kementerian Kominfo, Hendrasmo mengungkapkan, bahwa penyebaran hoaks memang mengalami peningkatan. Sebanyak 771 hoaks yang terjaring. Artinya dalam satu hari, itu ada tiga hingga empat hoaks yang beredar.

Namun, kata dia, sebaran hoaks akhir-akhir ini mengalami peningkatan. Pada Maret ini, misalnya, kata dia, sebaran hoaks yang teedata di kantornya sudah mencapai sekitar 10 konten per-hari.

“Sebelumnya 3-4 hoak per harinya. Sekarang 10 kontan hoaks setiap hari,” katanya.

Dijelaskannya, hoaks yang tersebar diantaranya soal kandidat capres-cawapres. Mayoritas sebanyak 91,30 persen sosial media berada di puncak hoaks.

BACA JUGA :  Pengamat Nilai Sikap KPU Laporkan Hoaks 7 Kontainer Ke Polisi Berlebihan

“Ada tema-tema yang selalu berulang-ulang dengan angle yang berbeda, misalnya isu PKI, kemudian TKA Cina, Isu-isu agama, pendidikan agama dihapus, agama Yahudi diresmikan. Kemudian soal utang pemerintah, LGBT dan lain sebagainya,” paparnya.

ia menjelaskan, menurut data yang dia miliki, masyarakat masih sangat sulit untuk mengidentifikasi apakah itu hoaks atau bukan.

“Agustus lalu, 75 persen hoaks itu tidak bisa diidentifikasi. Ukuran-ukurannya adalah emosional dan ideologi. Masyarakat yang terima 1 hoaks secara berulang sekitar 44,50 persen,” imbuhnya.

Lebih jauh dia mengungkapkan, bahwa hoaks sangat mengganggu proses demokrasi, karena jauh dari perdebatan-perdebatan yang menekankan demokrasi yang berkualitas. Dikatakannya, realitas hoaks tentu sangat mempertaruhkan proses pemilu.

BACA JUGA :  Kader PAN Imbau Kaum Milenial Jangan Jadi Bagian Penyebar Hoaks

Menurutnya, produsen dan penyebar hoaks adalah penumpang gelap demokrasi, yang tidak ingin demokrasi berjalan dengan transparan karena benturkan nilai-nilai yang merekatkan ke-Indonesia-an kita.

“Mereka menghasut dan mengadu domba dengan SARA di pemilu kita. Ini jelas melanggar meskipun bukan dilakukan oleh peserta pemilu,” tandas Hendrasmo. (ham)

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini