Mahfudz dalam diskusi bertajuk 'Rezim Jokowi Mau Hidupkan Dwi Fungsi TNI?' di Seknas Prabowo-Sandi, Jl HOS Cokroaminoto, Jakarta Pusat, Selasa (5/3/19).Foto:telusur.co.id

telusur.co.id – Mantan Ketua Komisi I DPR RI Mahfudz Siddiq mengaku yakin kalau TNI sebagai institusi tidak terlintas sedikitpun pikiran untuk kembali kepada dwi fungsi. Pasalnya, menurut dia, hal tersebut justru akan membuat TNI kembali mundur ke belakang.

“Kalau ada yang pengaruhi ingin membuat mundur TNI ke politik, saya yakin TNI sendiri yang akan teriak,” kata Mahfudz dalam diskusi bertajuk ‘Rezim Jokowi Mau Hidupkan Dwi Fungsi TNI?’ di Seknas Prabowo-Sandi, Jl HOS Cokroaminoto, Jakarta Pusat, Selasa (5/3/19).

Dia menjelaskan, di beberapa negara berkembang, demokratisasi mengalami kegagalan salah satunya dihadang oleh kekuatan militer. Tapi hal itu tidak terjadi di Indonesia karena TNI memberi jalan pada demokrasi.

BACA JUGA :  Tok, tok, tok.. DPT 2019 Sebanyak 192.828.520 Orang

Dia juga menuturkan, TNI baru di era reformasi sudah profesional dan demokratis. Terutama sejak reformasi TNI yang sudah 15 tahun sejak keluarnya UU 34 tahun 2004.

“Dan 15 tahun (sejak reformasi TNI) kita gak lihat ada masalah serius yang terkait pelanggaran konstitusi yang dilakukan TNI,” tambahnya.

Bahkan, lanjut dia, kelegowoan TNI tarik diri dari politik menjadi profesional terjadi ketika ada ketimpangan posisi antara TNI dengan institusi baru yang harus dilepas karena perintah Tap MPR dan UU, yaitu Polri.

“Di UU 34, TNI legowo di bawah Kementerian Pertahanan. Ini membawa perubahan besar dalam perilaku, kultur, dan cara kerja TNI. Tapi di Uau nomor 2 tahun 2002 yang disusun sebelum UU TNI, institusi Polri tidak di bawah menteri apapun, tapi di bawah presiden, sama seperti kementerian,” tutur Politikus PKS itu.

BACA JUGA :  Panglima TNI Terima Anugerah Tingkat DAN 7 INKAI

“Dalam konteks reformasi dan keamanan negara, ada ketidakseimbangan. Tapi kita lihat TNI legowo, gak ribut apalagi berontak,” tandasnya.[asp]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini