telusur.co.id – Mantan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hadar Nafis Gumay mengatakan di dalam pemilu semua warga negara mempunyai hak dan kewajiban yang sama termasuk untuk kelompok disabilitas. Artinya, disabilitas juga mempunyai hak memilih dan dipilih.

“Tidak dibeda-bedalkan. Jadi partisipasi mereka (disabilitas) harus terbuka ruangnya dan harus diapresiasi,” ujar Hadar, Sabtu.

Untuk itu, Hadar mengharapkan partai politik seharusnya mempunyai program yang kongkrit dalam memfasilitasi kepentingan disabilitas dari berbagai aspek, baik dalam menjadi pemimpin, pendidikan, politik dan menjadi wakil rakyat. “Kesempatan itu harus dibuka secara luas. Tidak di beda-bedakan.”

BACA JUGA :  Kepercayaan Terhadap KPU Tergerus, Ini Kata Mantan Komisioner KPU

Disinggung mengenai sikap Partai Nasdem memberikan kesempatan ke disabilitas? Hadar sangat mengapresiasi sekali. “Menurut saya itu bagus. Kalau memang mereka (disabilitas) dinilai mempunyai kapasitas untuk menjadi wakil rakyat. Kalau ada partai politik yang melihat seperti ini keren sekali. Jadi saya dukung itu partai poitik memberikan kesempatyan yang sama kepada calon pemimin kita termasuk disabilitas.”

Dengan sikap yang dipertunjukan oleh Nasdem, Hadar berharap partai lain juga bisa mengikuti jejak partai yang dikomandoi oleh Surya Paloh. “Mudah-mudah partai politik lain juga mengikuti.” (ham)

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini