Ketua DPW Partai Nasdem Jawa Barat, Saan Mustopa

telusur.co.id – Ketua DPW NasDem Jawa Barat Saan Mustopa mengatakan partainya berkomitmen dan mempunyai keberpihakan, menjaga, merawat, dan mengembangkan seni budaya yang ada di Jawa Barat ini untuk terus berkembang.

“Saat ini banyak sekali tradisi kesenian dan budaya yang ada di Jabar yang sebenarnya menjadi kekayaan dan khasanah Jabar. Itu penting untuk dilestarikan ke depan,” kata Saan.

Apalagi, kata dia, ke depan Jawa Barat akan menjadi pusat atau tujuan turis dari domestik maupun internasional. Masyarakat senang untuk berkunjung ke Jabar karena budaya dan keseniannya yang khas.

BACA JUGA :  Perluas Akses Pendidikan Warga Miskin, Saan Siapkan Program Beasiswa

“Saya yakin Jabar akan menjadikan tujuan dari baik domestik maupun internasional. Nah, penting juga jabar untuk terus mengembangkan kesenian-kesenian yang dimiliki oleh Jabar. Dijaga dan dikembangkan. Kita juga akan meminta pemerintah pusat maupun daerah untuk memberikan porsi lebih terhadap kesenian dan budaya di Jabar agar tetap lestari,” kata Caleg NasDem Dapil Jawa Barat 7 meliputi Kab. Bekasi, Kab. Karawang, dan Kab. Purwakarta itu.

Kebudayaan Sunda termasuk salah satu kebudayaan tertua di Nusantara. Kebudayaan Sunda yang ideal kemudian sering kali dikaitkan sebagai kebudayaan masa Kerajaan Sunda. Ada beberapa ajaran dalam budaya Sunda tentang jalan menuju keutamaan hidup.

BACA JUGA :  Ingin Kuasai Jabar, Nasdem Boyong 10 Artis

Etos dan watak Sunda itu adalah cageur, bageur, singer dan pinter, yang dapat diartikan sembuh (waras), baik, sehat (kuat), dan cerdas. Kebudayaan Sunda memiliki ciri khas tertentu yang membedakannya dari kebudayaan–kebudayaan lain. Secara umum masyarakat Jawa Barat atau Tatar Sunda, dikenal sebagai masyarakat yang lembut, religius, dan sangat spiritual. (ham)

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini