Pekelem atau melarung merupakan persembahyangan Umat Hindu untuk mempersembahkan sesajen ke tengah laut. Kegiatan ini sebagai salah satu bagian dari rangkaian kegiatan Upacara Panca Wali Krama Pura Lempuyang Luhur yang dilaksanakan dalam kurun waktu 5 tahun sekali. Foto:telusur.co.id

telusur.co.id- Personil Bakamla Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Bali ikut serta dalam pengamanan gabungan terhadap prosesi Pekelem/Melarung di tengah Laut, di wilayah Pantai Ujung, Desa Ujung Hyang, Kec. Karangasem, Kab. Karangasem, Bali, kemarin.

Pengamanan gabungan ini melibatkan 2 unit Kapal Patroli Polair, 1 Unit RIB milik Basarnas Pos Karangasem dan 1 unit perahu karet milik (Balawista) BPBD Kab. Karangasem.

Adapun pengamanan yang dilakukan dibagi menjadi 2 titik yakni di pesisir pantai dan di tengah laut. Dua orang personel SPKKL Bali ikut serta pengamanan di tengah laut menggunakan Kapal RIB Basarnas, sedangkan 3 orang personel Bakamla lainnya berjaga di pesisir pantai untuk membantu pelaksanaan proses kegiatan upacara tersebut.

BACA JUGA :  KPK Diminta Panggil Keluarga Jokowi Yang Disebut Terdakwa Fayakhun

Pekelem atau melarung merupakan persembahyangan Umat Hindu untuk mempersembahkan sesajen ke tengah laut. Kegiatan ini sebagai salah satu bagian dari rangkaian kegiatan Upacara Panca Wali Krama Pura Lempuyang Luhur yang dilaksanakan dalam kurun waktu 5 tahun sekali. Hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa, S.H., M.H, Sekda Kab. Karangasem Ir. I Gede Adnya Mulyadi, M.Si. dan masyarakat Bali. [asp]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini