telusur.co.id- Kementerian Koperasi dan UKM menyelenggarakan kegiatan pelatihan tenaga pendamping bertajuk “Sinergitas Program Dalam Rangka Peningkatan Ekspor Dan Internasionaliasi UKM” di Kota Makassar, 11-12 Maret 2019.

Sekretaris Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran pada Kemenkop dan UKM Devi Rimayanti mengatakan, dibutuhkan strategi pengembangan UMKM melalui edukasi, membina para UKM dan mentor UKM untuk dapat memiliki wawasan dan keterampilan. Serta pengetahuan, sehingga menciptakan UKM yang mandiri mampu bersaing dalam pasar global.

“Dimana kegiatan ini merupakan sinergi atau kolaborasi berbagai dukungan yang memiliki visi yang sama untuk memaksimalkan layanan bagi UKM ekspor,” kata Devi dalam sambutannya, Senin (11/3/19).

Menurut Devi, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri dalam membina UMKM. Namun, membutuhkan kontribusi dan kolaborasi dari berbagai elemen sosial (stakeholder). Seperti sektor swasta, pengusaha, akademisi, asosiasi usaha, maupun komunitas atau lembaga pendampingan UMKM.

BACA JUGA :  Ikut TEI 2018, Kemenkop Fasilitasi 18 KUKM yang Potensial Ekspor

Dalam era revolusi industri 4.0, menurut Devi, ada 3 tantangan pokok yang harus dipahami oleh pelaku UKM, yakni Teknologi, Otomatisasi dan Disrupsi. Hanya saja, lanjut dia, untuk menghadapi tantangan tersebut perlu membangun pendampingan dan memperkuat jaringan usaha yang saling mendukung.

“Sehubungan dengan hal tersebut, diperlukan pendampingan mentor dan advice untuk UKM secara langsung. Sehingga, diharapkan UMKM bisa naik kelas, dan mampu memenuhi kebutuhan permintaan pasar global,” ujarnya.

Untuk diketahui, kegiatan pelatihan pendampingan ini diadakan dalam rangka mewujudkan ASEAN yang berdaya saing. Pelatihan ini diikuti oleh entrepreneurs, pembina UMKM, dosen, pengelola PKBL/CSR, konsultan/ pendamping UMKM, dan para penggerak komunitas UMKM, pelaku UKM, yang telah mendaftar melalui platform Lunas.com yang dikelola oleh ABDSI.

BACA JUGA :  KUKM Diminta Manfaatkan Peluang Bisnis Otomotif

Materi dalam kegiatan ini terbagi ke dalam 6 sesi, dengan tema : UMKM Go Global melalui 3M AMEN, Peluang Pasar Global UKM dan Cara Menembusnya, Cara mencari Buyer, Kalkulasi Harga Ekspor, Dasar-dasar Mentorship dan Menyusun Rencana Kerja, Implementasi dan Pelaporan Mentorship.

Pelatihan bagi para mentor ini diharapkan dapat mendampingi para UKM ekspor agar mampu bersaing di pasar global dengan strategi 3-GO UKM naik kelas yakni (1) Go-Modern yaitu memiliki jiwa entrepreneurship dengan mengembangkan inovasi, memiliki orientasi naik kelas dan mengelola usaha dengan professional, (2) Go-Digital yaitu memiliki online shop di e-commerce dan bergabung di platform informasi digital dan (3) Go-Global yaitu mengikuti market place global, pameran internasional dan berkontribusi melalui ekspor produk-produk unggulan.[Far]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini