ke-54 peserta yang lolos akan diberikan pembinaan dan pelatihan untuk menghadapi seleksi calon Paskibraka tingkat provinsi pada 24-26 April 2019 mendatang.Foto: telusur.co.id

telusur.co.id- Suku Dinas Pemuda dan Olah Raga Jakarta Utara telah merampungkan proses seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat kota tahun 2019. Hasilnya, 54 peserta yang terdiri dari 27 pria dan 27 wanita dinyatakan lolos pada seleksi tersebut.

Kepala Suku Dinas Pemuda dan Olah Raga Jakarta Utara, Heru Haryanto mengatakan, seleksi tingkat kota berlangsung selama dua hari, pada Sabtu (30/3/2019) dan Minggu (31/3/2019). Diikuti sebanyak 300 peserta yang sebelumnya telah dinyatakan lolos pada seleksi tingkat kecamatan, Minggu (24/32019).

“Peserta ini sebelumnya sudah mengikuti seleksi tahap pertama, tingkat kecamatan. Dan kemarin mereka mengikuti seleksi tahap ke-dua, tingkat kota yang digelar selama dua hari,” kata Heru, saat dikonfirmasi, Senin (1/4/2019).

Dijelaskannya, ke-54 peserta yang lolos akan diberikan pembinaan dan pelatihan untuk menghadapi seleksi calon Paskibraka tingkat provinsi pada 24-26 April 2019 mendatang. Termasuk 10 peserta berstatus cadangan yang dipersiapkan untuk menggantikan peserta inti jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Pelatihan dan pembinaan antara lain meliputi materi Bahasa Inggris dan kesenian. Bekerjasama dengan sejumlah organisasi kepemudaan seperti Purna Prakarya Muda Indonesia (PPMI) dan Purna Paskibraka Indonesia (PPI). Sehingga ke depannya dapat bersaing dengan para peserta dari wilayah lain.

“Tentu harapan kami perwakilan calon Paskibraka Jakarta Utara yang masuk ke tingkat provinsi lebih banyak lagi dibandingkan tahun sebelumnya,” jelasnya.

Sementara Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Jakarta Utara, Satrya Nico Firdaus menerangkan, 54 peserta ini telah mengikuti serangkaian seleksi tingkat kota, mulai dari tes kebugaran jasmani (kesamaptaan), seperti lari selama 12 menit, push pp selama satu menit, sit up selama satu menit dan tes Peraturan Baris Berbaris (PBB). Serta wawancara dengan panelis, tes bakat dan seni, dan terakhir pemaparan hasil seleksi masing-masing peserta (pantukhir).

“Selamat kepada para peserta yang telah lolos seleksi. Jadikan ini sebagai momentum kebangkitan pemuda sebagai generasi penerus bangsa. Bagi yang belum lolos jangan berkecil hati. Masih ada kesempatan seleksi tahun depan dan tetap memberikan bimbingan Paskibraka di sekolahnya masing-masing,” tutupnya.

Kontributor : Ilham Darmawan

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini