Prabowo Subianto dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).Foto:Istimewa

telusur.co.id – Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menginstruksikan kepada segenap kadernya untuk tidak ikut serta dalam kegiatan-kegiatan yang bertentangan dengan konstitusi.

Surat SBY tersebut, dikeluarkan usai proses pemungutan suara 17 April dimana berdasarkan hasil quick count sejumlah lembaga survei, menyebutkan Jokowi-Ma’ruf Amin menang dari Prabowo-Sandi.

“Perintah dari SBY adalah bagi seluruh kader Demokrat untuk menarik diri tidak melibatkan diri kepada kegiatan-kegiatan yang sifatnya inkonstitusional, apabila ada. Dan, kegiatan-kegiatan yang tidak dilakukan oleh badan pemenangan Prabowo-Sandi secara resmi,” kata Kadiv Advokasi dan Hukum DPP Partai Demokrat Ferdinand Hutahean kepada telusur.co.id, Jumat (19/4/19).

BACA JUGA :  Demokrat Tak Persoalkan jika Prabowo Tak Pilih AHY

Surat perintah SBY yang beredar itu, ditujukan kepada Sekjen Demokrat Hinca Pandjaitan, Ketua Dewan Pembina EE Mangindaan, Ketua Dewan Kehormatan Amir Syamsuddin, Wakil Ketua Umum Demokrat Syarief Hasan, serta ditembuskan kepada Komandan Kogasma, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Dijelaskan Ferdinand, SBY juga memerintahkan kader-kader hanya diperbolehkan mengikuti agenda-agenda resmi dari Badan Pemenagan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi.

“Jadi, Partai Demokrat, amanat dari ketua umum hanya boleh mengikuti acara-acara resmi BPN. Dan, kegiatan-kegiatan yang konstitusional yang tujuannya adalah membela dalam pemenangan Prabowo-Sandi,” jelasnya.

“Di luar itu, Partai Demokrat tidak boleh dilibatkan secara lembaga untuk mengikuti acara-acara yang tidak dilakukan oleh BPN  Prabowo-Sandi maupun oleh capres-cawapres kita,” sambungnya.

BACA JUGA :  Prabowo-Sandi Tiba Di Lokasi Pemaparan Kecurangan Pemilu 2019

Ditegaskan Ferdinand, hingga saat ini Demokrat dipastikan tetap berada di BPN Prabowo-Sandi, hingga proses Pemilu ini selesai secara konstitusinal.

“Partai Demokrat tetape berada di Koalisi Indonesia Adil Makmur dan tetap mendukung Prabowo-Sandi hingga kontestasi Pilpres ini selesai,” tandasnya.[Far]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini