Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas Bintang Puspayoga dalam keterangannya. Foto :telusur.co.id

telusur.co.id – Industri kerajinan saat ini telah berkembang dengan pesat di seluruh pelosok Nusantara. Hal ini disebabkan, bahan baku lokal banyak tersedia seperti serat alam untuk anyaman, tanah liat untuk keramik, kayu, batuan, logam dan lain-lain.

Demikian disampaikan oleh Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas Bintang Puspayoga dalam keterangannya, Sabu (13/4/19).

“Hanya saja, industri ini tumbuh sangat bervariasi dari skala mikro, kecil sampai skala menengah dengan berbagai kendala masih dihadapi, terutama dalam hal permodalan, pemasaran, teknik produksi dan lain-lain,” kata Bintang.

BACA JUGA :  Koperasi Diminta Kelola Pasar Rakyat dengan Baik

Bintang juga mengaku, persaingan di pasar global semakin ketat. Karenanya, diperlukan upaya-upaya nyata untuk mendorong para perajin agar lebih giat dan berdaya saing.

Pemerintah, kata Bintang, akan terus meningkatkan kemampuan SDM supaya produk-produk “Kami menyambut baik penyelenggaraan kegiatan sinergi ini dalam upaya meningkatkan wawasan UMKM Perajin agar lebih berdaya saing,” imbuh Bintang.

Sebagai mitra Pemerintah, jelas Bintang, Dekranas telah melakukan berbagai program dalam membina dan mengembangkan UKM kerajinan di seluruh Nusantara.

“Dekranas memandang sangat penting untuk melakukan pembinaan dan pengembangan UMKM di Sulawesi Selatan mengingat banyak potensi yang dapat dikembangkan,” tambah Bintang.

BACA JUGA :  Menkop Harap ICSB Bantu UKM Untuk Tembus Pasar Internasional

Upaya yang dilakukan antara lain pelatihan-pelatihan di bidang desain karena tren desain produk kerajinan sangat cepat berubah. “Peningkatan kreatifitas dan inovasi desain perlu dilakukan, namun tetap mempertahankan identitas tradisional agar nuansa warisan budaya tetap harmoni dengan kekinian,” tukas Bintang. [asp]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini