Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Setiawan Wangsaatmaja. / Net

telusur.co.id – Di era revolusi industri 4.0, percepatan pelayanan adalah hal yang dibutuhkan masyarakat. Percepatan ini juga harus seiring dengan kemampuan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mumpuni dalam menguasai teknologi. Karenanya, dibutuhkan manajemen talenta nasional yang mengakomodir kemampuan ASN di seluruh Indonesia.

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, dengan manajemen talenta ini, setiap kemampuan individu ASN sudah bisa terlihat dan terekam sejak mereka mendaftar menjadi CPNS.

“Nanti akan terlihat kemampuan masing-masing individu sejak mereka mengikuti tes CPNS. Ini adalah bagaimana kita mengelola talenta terbaik di Indonesia,” ujar Setiawan dalam keterangannya, Selasa (22/4/19).

BACA JUGA :  Terbengkalai, Pemerintah Bakal Perhatikan Nasib Honorer

Percepatan tersebut, lanjut Setiawan, dibutuhkan di semua lini pemerintahan. Mulai dari administrasi, hingga bermuara pada pelayanan publik yang prima.

Di Jakarta, kata Setiawan, seseorang bisa menghabiskan waktu empat jam dalam sehari di perjalanan. Pekerjaan yang berbasis teknologi memungkinkan beberapa urusan bisa diselesaikan tanpa harus berada di kantor.

“Empat jam ini bisa kita manfaatkan untuk bekerja di mana saja, tak harus di kantor. Beberapa negara maju sudah menerapkan hal ini,” imbuh Setiawan.

Oleh karena itu, tegas Setiawan, pemerintah sebagai pelayan masyarakat harus beradaptasi dengan revolusi industri 4.0. [asp]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini