telusur.co.id – Ribuan warga Berduyun-duyun mendatangi lokasi Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) Kampung di Kelurahan Sukapura, Cilincing, Jakarta Utara. Tak hanya berolahraga, kegiatan ini juga sebagai ajang interaksi kebudayaan masyarakat.

Wali Kota Jakarta Utara, Syamsuddin Lologau mengapresiasi inisiatif panitia atas terselenggaranya HBKB tersebut. Apalagi kegiatan ini turut disemarakkan dengan sejumlah penampilan pencak silat, sebagai interaksi kebudayaan masyarakat.

“Ya tentu saya mengapresiasi HBKB kampung ini. Terutama kepada panitia, lurah dan camat serta swasta yang sudah berjuang mengadakan kegiatan ini,” kata Syamsuddin, saat ditemui di Jalan Terusan Kelapa Hibryda RW 11, Kelurahan Sukapura, Cilincing, Jakarta Utara, Minggu (7/4/2019).

Meski begitu, menurutnya tujuan kegiatan HBKB harus tetap mengedepankan untuk meminimalisir pencemaran udara. Sehingga kegiatan yang diselenggarakan mulai dari Pukul 07.00 WIB – 11.00 WIB nyaman untuk warga berolahraga.

BACA JUGA :  Sandi Mengira Warga Yang Soraki Anies Adalah Fansnya

“Untuk itu mari kita jaga bersama-sama Kota Jakarta Utara ini. Menjaga kebersihannya serta mempererat persatuan dan kesatuan antara satu warga dengan warga lain,” jelasnya.

Lurah Sukapura, Abdul Rahman Hakim menerangkan, lokasi HBKB Kampung dipilih dengan melihat nilai strategis wilayah. Selain itu lokasi yang dipilih juga memiliki ukuran luas dan memanjang sehingga dapat menampung ribuan warga dan mengakomodir stand sponsor serta para pelaku usaha kecil menengan (UKM).

“Kenapa kita pilih di sini? pertama karena strategis. Dan di lokasi ini yang sangat memungkinkan untuk silaturahminya masyarakat. Karena kalau yang lainnya sempit. Di sini luas dan jalannya ada dua lajur. Jadi yang sebelah kita los (buka), satunya kita tutup untuk HBKB,” terangnya.

BACA JUGA :  Akses Jalan Ditutup, Warga: Pak Jokowi Bantu Kami!

Direktur Utama Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura, Dr Umi Sjarqiah mengungkapkan, kerjasama penyelenggaraan HBKB ini dirangkai dengan mengkampanyekan kesehatan bagi masyarakat. Apalagi kegiatan kali ini bertepatan Hari Kesehatan Sedunia yang jatuh tepat pada hari ini dan memperingati HUT RS Islam Jakarta Sukapura.

“Kami buka stand untuk warga melakukan pemeriksaan kesehatan, konsultasi kesehatan, pemeriksaan gula darah, tensi, asam urat, kolesterol. Semuanya gratis untuk peserta HBKB,” tutupnya.[far]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini