Kpolri Jenderal Pol. Tito Karnavian. Foto: Istimewa

telusur.co.id – Setelah enam bulan masa kampanye, saat ini tahapan Pemilu 2019 memasuki masa tenang mulai mulai 14 – 16 April 2019 menjelang Pilpres dan Pileg, yang digelar pada Rabu (17/4/19) mendatang.

Kapolri Jenderal Pol Muhammad Tito Karnavian mengatakan, secara umum pelaksanaan kampanye berjalan lancar tanpa ada gangguan signifikan. Meski demikian, Tito mengakui, ada dinamika yang terjadi pada masa kampanye kemarin.

“Ada beberapa dinamika seperti di Jateng, Yogyakarta dan ada penindakan operasi teror di Sumut dan di Jabar dapat ditangani baik. Situasi aman ini ditandai dengan semua kegiatan pemerintah dan masyarakat lancar,” ujar Tito di kantor Menkopolhukam, Senin (15/4/19).

BACA JUGA :  Bawaslu Proses Laporan 7 Parpol, Abhan : Sebelum 16 November Selesai

Mendekati waktu pencoblosan, kata Tito, juga tidak terjadi mobilitas massif dari Indonesia ke luar negeri. Sehingga dapat dikatakan suasana jelang Pemilu relatif aman.

“Ini menunjukkan bahwa situasi relatif aman dan kita memberikan jaminan keamanan. Bahwa di hari H kita siap (melaksanakan pengamanan), termasuk perhitungan suara,” ungkapnya.

Usai perhitungan suara, Kapolri mengimbau, agar masyarakat tidak melakukan pawai kemenangan. Karena dikhawatirkan hal ini dapat memprovokasi pihak lain.

“Karena dikhawatirkan nanti akan bisa memprovokasi pihak lain. Lebih baik kita tetap jalankan kegiatan dengan baik,” katanya.

BACA JUGA :  Survei LSI Denny JA, 11 Partai Tak Lolos ke Senayan Termasuk Hanura dan PBB

Lebih jauh Tito juga mengingatkan, jika ada masyarakat yang protes dengan hasil Pemilu 2019, maka dapat menyalurkan pendapatnya melalui mekanisme yang ada. Jangan justru malah melakukan mobilisasi massa.

“Kalau ada hal-hal yang dianggap tidak sesuai Undang-undang, ada mekanismenya, ada DKPP, ada Bawaslu, ada MK, kalau ada hal dianggap melanggar. Tapi tidak mobilisasi massa, kalau ada tidak diberi izin,” tegasnya. (Fhr)

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini