Azmi Syahputra Ketua asosiasi ilmuwan praktisi hukum Indonesia(Alpha) Foto : Dok Pribadi

.Oleh : Azmi Syahputra Dosen Hukum Pidana Universitas Bung Karno

Tindakan pelaku atas penganiayaan yang demikian sistematis dan telah mempersiapkan terlebih dahulu serta berdampak traumatis bagi korban Audrey siswi SMP Pontianak, hendaknya penegak hukum dan lembaga terkait atas peristiwa yang dialami siswa SMP Pontianak harus dapat dipilah ,secara asas berkeadilan, kepatutan dan rasa kemanusiaan.

Jika dilihat dari bentuk bentuk perilakunya yang sadis Ini bukan lagi perilaku anak-anak gak bisa hanya semata secara saklek baca bunyi undang undang atas nama anak namun lihat juga bentuk kejahatannya yang sistematis sudah sangat mengancam jiwa dan nyawa. Disinilah penegak hukum dan aparatur negara jeli dan cerdas mengamati dalam tiap kasus dengan karakteristik khususnya.

BACA JUGA :  PEMILU Rakyat "Berjantung" Pancasila.

Ini sangat berbahaya jika dibiarkan , terus kedepan bisa saja terjadi atas nama anak anak dapat berbuat sadis demikian,apapun motifnya tindakan kekerasan tersebut tidak dapat dibenarkan.

Setiap kasus tentu perlu kejelian karenanya penegak hukum harus cepat bergerak dan bertindak.

Jadi penerapan hukum belum tentu bisa sama antara bunyi undang undang dan fakta hukum yang terjadi. Disinilah penegak hukum jeli, gunakan fakta lapangan dan asas hukum dikedepankan ,ada asas kemanusiaan ada asas keadilan serta kepastian hukum.

Dan terlebih rasa keadilan ini dilukai melihat para pelaku yang setelah melakukan tindakan yang tidak patut itu , mereka mereka para pelaku yang mengklaim diri sebagai anak tersebut tidak merasa ada rasa bersalah, takut atau sedih bahkan tampak seperti tidak terjadi apa apa masih bisa posting d medsos kegiatan pelaku yang dengan santai tanpa merasa salah sementara korban dirawat di rumah sakit.

BACA JUGA :  Menanglah Secara Terhormat Konstitusional.

Maka demi keadilan dan rasa kepatutan termasuk kehawatiran banyak orang tua atas tindakan tersebut terhadap pelaku harus segera kenakan penangkapan dan penahanan bagi pelaku yang tidak patut melakukan tindakan atas nama sebagai anak tesebut , polisi harus bergerak cepat atas nama keadilan dan kemanusiaan serta kehawatiran banyak orang tua melihat perilaku kekerasan tersebut.***

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini