ilustrasi. Program mudik gratis dengan kapal laut bagi pengendara sepeda motor merupakan salah satu komitmen Kementerian Perhubungan . Foto:telusur.co.id

telusur.o.id- Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut, Capt Wisnu Handoko mengungkapkan, jadwal angkutan mudik gratis dengan kapal bagi pengendara sepeda motor dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta ke Tanjung Emas Semarang akan dimulai pada tanggal 30 Mei dan 1 Juni 2019. Kemudian untuk jadwal arus balik dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang ke Tanjung Priok Jakarta diselenggarakan pada tanggal 8 dan 10 Juni 2019.

”Kuota yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut untuk mudik gratis dengan kapal tahun ini berjumlah 4.000 sepeda motor dan 8.000 orang penumpang, terdiri dari 2.000 sepeda motor dan 4.000 orang penumpang untuk arus mudik, serta 2.000 sepeda motor dan 4.000 orang penumpang untuk arus balik,” ujar Capt Wisnu di sela acara Rapat Kerja Direktorat Jenderal Perhubungan Laut di Jakarta kemarin (8/4/2019)

BACA JUGA :  Kemenhub Bakal Perbaiki Transportasi Ruas Tol Trans Jawa

Menurut Capt Wisnu, dalam pelaksanaannya mudik gratis dengan kapal tahun 2019 ini, pihaknya telah menyiapkan 1 (satu) unit kapal penumpang.

“Ada satu kapal yang disediakan untuk mudik gratis ini berkapasitas penumpang 2000 penumpang dan 1000 sepeda motor untuk satu kali perjalanan dengan total perjalanan sebanyak 4 kali,” tuturnya.

Selain itu, menurut Capt Wisnu, program mudik gratis dengan kapal laut bagi pengendara sepeda motor merupakan salah satu komitmen Kementerian Perhubungan untuk menyediakan transportasi angkutan umum untuk masyarakat, khususnya pemudik yang menggunakan sepada motor agar dapat digunakan untuk mencari masing-masing dengan aman, selamat, tertib dan nyaman.

BACA JUGA :  Kebakaran Gedung Kemenhub, Korban Tewas Bertambah

Capt Wisnu menambahkan, program mudik gratis ini juga cocok dengan arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang mengimbau agar para pemudik sepeda motor dapat menggunakan atau tidak menggunakan sepeda motor untuk bepergian, meningkatkan mudik gratis dengan kapal laut ini dapat menjadi alternatif bagi masyarakat.

“Kami mengimbau masyarakat yang akan mudik tahun ini, mulai sekarang untuk bersiap-siap dan manfaat mudik gratis dengan kapal ini menyenangkan-kebebasan. Mudik dengan kapal laut selain gratis juga lebih aman dan nyaman,” pungkasnya.

Kontributor : Ilham Dharmawan

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini