Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dimana salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah Kegiatan Padat Karya.Foto:telusur.co.id

telusur.co.id- Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terus menyelenggarakan program padat karya sebagai wujud peran serta dalam membantu pemerintah mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hari ini, Sabtu (6/4/2019), program padat karya dilakukan oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Marunda dengan pekerjaan pembersihan halaman dan pengecatan gedung KSOP Marunda yang melibatkan sekitar 15 (lima belas) orang warga sekitar untuk 5 (lima) hari kedepan.

“Kami harap kegiatan padat karya ini dapat membantu perekonomian warga sekitar, dan kami yakin bahwa ini sebagai bagian dari ikhtiar dan peran serta dalam pemberdayaan masyarakat yang dapat dijadikan sebagai pemicu untuk target yang lebih besar lagi,” kata Kepala KSOP Marunda, Iwan Sumantri.

BACA JUGA :  Tingkatkan Soliditas dan Libatkan Masyarakat Kemenhub Gelar Padat Karya di Semarang

Iwan mengungkapkan bahwa dalam rangka mensukseskan program-program Pemerintah khususnya pemberdayaan masyarakat, kantor KSOP Kelas IV Marunda sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis senantiasa berkomitmen untuk menselaraskan kegiatannya dengan program yang telah dicanangkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dimana salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah Kegiatan Padat Karya.

Kegiatan Padat Karya ini dilaksanakan melibatkan 15 (lima belas) orang warga sekitar selama 5 (lima) hari dimulai pada hari ini (6/4/2019) hingga (11/4/2019) dengan maksud dan tujuan untuk memberdayakan masyarakat sekitar, mengedukasi masyarakat untuk membangun pola hidup yang produktif, peran serta meningkatkan perekonomian warga, mensosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan, menciptakan kondisi lingkungan yang bersih, asri dan nyaman untuk mendukung kinerja di bidang keselamatan pelayaran, serta menciptakan hubungan yang harmonis antara Pemerintah (Kantor Ksop Kelas IV Marunda) dengan warga sekitar di lingkungan kerja.

BACA JUGA :  Tingkatkan Soliditas dan Libatkan Masyarakat Kemenhub Gelar Padat Karya di Semarang

“Perekrutan tenaga kerja Padat Karya dilakukan dengan mempertimbangkan dan memprioritaskan tenaga kerja yang tidak memiliki keahlian khusus, tidak bekerja dalam waktu yang lama, dan tenaga kerja tersebut memerlukan pekerjaan guna kelangsungan perekonomian,” ujar Iwan.

Sekali lagi KSOP Marunda berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar terutama warga yg tidak mempunyai keterampilan khusus dan pekerjaan tetap.

Hadir pada kesempatan tersebut, Direktur Kenavigasian yang diwakili oleh Kasubdit Perambuan, Gus Rional dan perwakilan dari Bagian Perencanaan Ditjen Perhubungan Laut.

Kontributor :Ilham Dharmawan

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini