Tjahjo di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta Pusat, Sabtu (6/4/19).Foto:telusur.co.id

telusur.co.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mendukung langkah Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk melaporkan tiga akun penyebar hoaks server KPU yang disetting untuk memenangkan salah satu paslon tertentu. Menurutnya, tuduhan tentang server yang disetting itu tidak masuk akal.

“Kami mendukung penuh langkah KPU yang cepat dalam tempo sesingkat-singkatnya melaporkan hal tersebut. Kalau ada berita hoaks, berita sekecil apapun berita itu, harus segera dilaporkan kepada aparat penegak hukum,” kata Tjahjo di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta Pusat, Sabtu (6/4/19).

Tjahjo mengungkapkan, jika terus dibiarkan, maka hoaks tersebut akan membuat masyarakat bingung dan tidak percaya pada penyelenggara Pemilu. Tjahjo juga mengaku yakin Bareskrim Polri akan segera mengungkap, siapa dalang dibalik penyebaran hoaks ini.

BACA JUGA :  Bawaslu Harus Buktikan Kode Etik Mana Yang Dilanggar Jurdil2019

“Dengan laporan cepat ini saya yakin polisi akan segera mengungkap. Apapun permainan fitnah dan hoaks adalah tidak pada zamannya,” tegasnya.

Lebih jauh Tjahjo menjelaskan, tiap langkah penyelenggaraan Pemilu telah diatur oleh Undang-undang. Selain itu, penyelenggara Pemilu juga diawasi oleh banyak pihak, termasuk tim sukses masing-masing paslon dan elemen masyarakat.

“Yakinlah KPU dan Bawaslu melakukan tugas sesuai dengan aturan Undang-undang. Termasuk pemerintah, meyakini tidak ada satu titik, koma pun UU yang dilanggar KPU dan Panwas,” jelasnya.

Sebelumnya, Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, tim dari Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri tengah mendalami laporan KPU. Dalam laporannya, KPU turut membawa sejumlah barang bukti.

BACA JUGA :  Tanpa Aduan, Bawaslu Selidiki Dugaan Pelanggaran Kampanye Jokowi

“Saat ini dari tim Direktorat Siber Bareskrim sedang mendalami seluruh alat bukti, data-data, dokumen yang diserahkan dari komisioner KPU kepada Bareskrim,” ujar Dedi di Mabes Polri, Jumat (5/4/19). [asp]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini