Ketua DPR RI Bambang Soesatyo .Foto:telusur.co.id

telusur.co.id – Ketua DPR, Bambang Soesatyo prihatin dengan nasib tujuh kru kapal asing berkewarganeraan Indonesia yang sudah 21 hari masih terkatung-katung di perairan Shanghai, China, karena melanggar izin masuk ke negara tersebut.

Agar kasus ini cepat selesai, politisi yang akrab disapa Bamsoet ini mendorong Kementerian Luar Negeri melalui Direktorat Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di China dan Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei bergerak cepat menyelesaikan kasus ini.

“Segera memberikan bantuan dalam proses hukum agar para WNI tersebut dapat segera dipulangkan ke Indonesia,” ungkap Bamsoet, Kamis.

BACA JUGA :  DPR Pertanyakan Wacana Kemenag Ganti Buku Nikah dengan Kartu Nikah

Seperti diberitakan, tujuh anak buah kapal berkewarganegaraan Indonesia terdampar selama dua pekan di perairan Shanghai, setelah kapal yang mereka awaki ditahan oleh pihak berwenang setempat (MSA), kata kapten kapal.

“Kapal kami ditahan karena masuk tanpa izin. Kemarin sudah diproses oleh Imigrasi dan MSA (Badan Keamanan Laut) Shanghai. Tapi bos lepas tangan dan tidak mau bertanggung jawab,” kata Kapten Kapal Jixiang, Waryanto bin Riswad (41), mengutip Antara, Rabu (5/1/2019).

Bantuan hukum, dikatakan Bamsoet, akan mempermudah proses yang ada di wilayah tersebut.

BACA JUGA :  Ini Pendapat Novanto Soal Bamsoet Jadi Ketua DPR

Selanjutnya, Bamsoet mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia yang akan bekerja di luar negeri untuk memastikan seluruh kelengkapan dokumen perizinan yang telah ditentukan oleh pemerintah. “Agar tidak mengalami kendala saat bekerja di luar negeri,” dia mengingatkan. (ham)

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini