telusur.co.id – Ketua DPR, Bambang Soesatyo sangat prihatin dengan kondisi masyarakat korban tsunami dan gempa bumi di Palu, Sulawesi Utara yang masih tinggal di tenda dan shelter pengungsian. Tercatat, masih 6.655 korban yang tinggal di tenda.

Melihat penderitaan warga, Bamsoet mendorong Kementerian PUPR mempercepat realisasi pembangunan hunian tetap (huntap) bagi korban bencana di Palu serta fasilitas kesehatan dan pendidikan, guna membangkitkan masyarakat Palu dari keterpurukan akibat bencana.

“Mendorong Kementerian PUPR bersama Kementerian Sosial untuk memastikan kebutuhan masyarakat Palu yang terdampak gempa dapat terjamin, dan memastikan bantuan tersebut tersalurkan kepada masyarakat yang berhak menerimanya,” desak Bamsoet, Senin.

BACA JUGA :  Hari Kebangkitan Nasional, Bamsoet Ingatkan Persatuan dan Kesatuan

Dengan situasi warga yang serba kesulitan dan perubahan iklim global yang memicu hujan ekstrem dan banjir meningkatkan sebaran sejumlah penyakit menular antara lain kriptosporidiosis atau infeksi usus halus yang menyerang anak dibawah lima tahun (data Australian National University/ANU dalam Science of the total Environment)

Politisi Partai Golkar ini mendorong Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) untuk melakukan penyuluhan kepada masyarakat mengenai tanda-tanda apabila terserang penyakit tersebut yang disebabkan oleh parasit Cryptosporidium parvum dengan gejala diare, kram, mual, muntah, dan demam.

BACA JUGA :  Tekan Kesenjangan Sosial, Bamsoet : Perkuat Pemberdayaan UMKM

Mendorong Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) bekerjasama dengan Kemenkes untuk memberikan pengarahan kepada masyarakat agar dalam setiap membangun tempat tinggal untuk memperhatikan infrastruktur air dan sanitasi.

Berikutnya, mengimbau masyarakat untuk selalu memperhatikan kebersihan, terutama di rumah dan lingkungan tempat tinggal, agar sebaran penyakit, baik melalui nyamuk atau virus, dapat diminimalisir. (ham)

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini