Wakil Ketua DPR Fadli Zon (kiri) menyerahkan buku kepada Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Din Syamsuddi dan Mantan Menteri Luar Negeri Hassan Wirajuda.Foto:Bambang Tri P / telusur.co.id

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon meluncurkan buku dengan judul ‘Strengthening The Indonesia Parlimenrary Diplomacy’, di ruang Abdul Muis, DPR RI, Senayan, Jakarta.

Fadli menceritakan, buku yang ditulisnya ini menceritakan mengenai pengalamannya sebagai anggota Parlemen berdiplomasi dengan Parlemen-Parlemen Internasional.

Menurut Fadli, berdiplomasi merupakan tugas yang sulit, meski dilihat gampang. Karena harus meyakinkan para utusan negara agar bisa bersepakat dengan usul yang dibawa oleh Indonesia.

“Dirasa mudah tapi sangat sulit,” kata Fadli di gedung Parlemen, Senayab, Jakarta, Senin (20/5/19).

Apalagi, kata dia, hubungan diplomasi Indonesia ke negara-negara internasional mengalami naik turun. Terkadang tinggi, terkadang lemah bahkan datar-datar saja. Dari itu, ia berfikir, Indonesia kurang mendapatkan tempat atau perhatian di kancah Internasional.

Ia menyebut, seperti permasalahan kemanusian di Myanmar soal Rohingya dan Cina soal Minoritas suku Uighur, dimana Pemerintah dan Parlemen Indonesia kalah mendorong negara-negara lain di forum internasional untuk mengeluarkan rekomendasi soal permasalahan kemanusian terhadap Rohingya dan Uighur. Karena salah satu negara tidak menyetujuinya.

“Terus terang saja, kita juga mengalami fluktuasi dalam hal diplomasi, terkadanh High, low bahkan flat. Sehingga kita kurang mendapatkan tempat di dunia Internasional. Seperti permasalahan di permasalahan Internasipnal. Pemerintah terlihat kikuk, tapi kita mengeluarkan resolusi dalam parlemen dunia tapi tidak mendapatkan respon, dan sampai Asean juga tidak mampu menyelesaikan masalah rohingya dan uighur,” ungkapnya lebih lanjut.

Oleh karena itu, ia berharap buku yang baru dikeluarkannya itu dapat memperkokoh cara berdiplomasi Indonesia dengan negara-negara lain.

“Semoga ini sebagai salah satu memperkuat diplomasi,” ucapnya. [asp]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini