Tokoh masyarakat etnis Tionghoa, Lieus Sungkharisma ditangkap polisi / Ist

telusur.co.id – Tokoh masyarakat etnis Tionghoa, Li Xue Xiung atau yang lebih dikenal dengan nama Lieus Sungkharisma, ditangkap aparat kepolisian dari Polda Metro Jaya (PMJ). Lieus ditangkap atas dugaan penyebaran berita bohong dan makar.

Penangkapan dilakukan setelah Lieus dua kali tidak memenuhi undangan pemeriksaan penyidik PMJ. Pertama, tak memenuhi panggilan penyidik Bareskrim pada tanggal 14 Mei 2019 karena masih mencari pengacara. Kedua tidak memenuhi kembali panggilan kedua, 17 Mei 2019 karena surat panggilan kedua tersebut belum diterimanya.

Tiba di Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Senin (20/5/2019) pukul 10.05 WIB, tangan Lieus terlihat diborgol, dan mendapat pengawalan ketat aparat kepolisian.

BACA JUGA :  Yunarto Wijaya: Gong Xi Fat Chai Kokoh Lieus, Jangan Malah-malah Mulu Ya?

Kepada wartawan, Lieus mengaku tidak akan menjawab satu patah kata pun pertanyaan penyidik. Bahkan, dirinya mengaku tidak takut penyidik ingin menulis apapun hasil pemeriksaan kepada dirinya.

Lieus berkelekar jika dirinya tidak takut menghadapi proses hukum karena menganggap hal itu bagian dari perjuangan. “Rakyat akan terus berjuang walaupun ditangkap dan dipanggil terus. Kita berjuang ini untuk kedaulatan rakyat,” kata Lieus di Polda Metro, Jakarta, Senin (20/5/19).

Sebelumnya diberitakan, Lieus dilaporkan oleh Eman Soleman, yang merupakan seorang wiraswasta. Ia dituduh menyebarkan hoaks dan berniat melakukan aksi makar. Laporan dengan nomor LP/B/0441/V/2019/ BARESKRIM tersebut tertanggal 7 Mei 2019 dan telah dilimpahkan ke Polda Metro Jaya.

BACA JUGA :  Kasus Ratna Sarumpaet Diyakini Seperti Kasus Dugaan Makar

Pasal yang disangkakan adalah Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP Pasal 14 an/atau Pasal 15, Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP Pasal 107 jo Pasal 110 jo Pasal 87 dan/atau Pasal 163 jo Pasal 107. [ipk]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini