Pakar Tata Kota Universitas Tri Sakti Trubus Rahardiasyah. /Net


telusur.co.id – Pakar Tata Kota Universitas Tri Sakti Trubus Rahardiasyah menilai, wacana pemindahan ibu kota dari DKI Jakarta ke luar pulau Jawa, sudah seharusnya direalisasikan. Alasannya, kondisi Jakarta sudah tidak memungkinkan.

“DKI Jakarta sudah tidak memungkinkan lagi sekarang (Jadi Ibu Kota). Disamping memang tanahnya tiap tahun turun sampai 12 centi (Cm)” kata Trubus kepada telusur.co.id, Selasa (30/4/19).

Menurut Trubus, permukaan air di Jakarta itu terus naik, dan tanahnya terus turun. Kondisi lainnya, ialah urbanisasi terus meningkat.

“Air itu terus menguat. Kemudian posisi di utara karena reklamasi truk-trukkan repot juga. Kemudian daya tampung DKI Jakarta udah nggak memadahi dengan jumlah penduduk sekarang mencapai 12 juta,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Sambut Asian Games, Anies Minta Gedung-Gedung Dipercantik

Namun demikian, jika wacana pemindahan Ibu Kota itu benar-benar terealisasi, Trubus menyarankan agar kota perdagangan tetap di DKI. Sementara pusat pemerintahan di Ibu Kota yang baru.

“Kalau itu dipindahkan DKI Jakarta ini dijadikan sebagai kota perdagangan dan jasa kemudian untuk pemerintahan misalnya kementerian dan lembaga sebaiknya pindah di luar, termasuk Kedubes dan lain-lain,” tandasnya.[Gus]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini