Rapat Evaluasi Penyelenggaraan Pemilu 2019 / telusur.co.id

telusur.co.id – Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) menggelar rapat evaluasi penyelenggaraan Pemilihan Umum 2019.

Rapat yang melibatkan beberapa unsur lembaga tinggi negara itu membahas temuan-temuan kekurangan selama pelaksanaan pileg dan pilpres yang digelar serentak.

Ketua DPD RI, Oesman Sapta yang memimpin rapat mengapresiasi penyelengaraan Pemilu 2019, yang berlangsung damai, meski dirinya melihat di sana-sini masih ditemukan sejumlah kekurangan.

Tokoh Kalimantan Barat itu juga memahami dinamika politik yang memanas sebelum dan sesudah pemilu. Namun, dirinya berharap situasi yang memanas itu jangan sampai mengganggu situasi keamanan nasional.

BACA JUGA :  Komite I DPD RI: Cari Solusi Kasus Tanah HPL Way Lunik dan Way Dadi Lampung

“Dinamika politik yang terjadi harus kita maknai sebagai suatu yang wajar dan hendaknya tidak menganggu stabilitas politik ekonomi dan keamanan dalam negeri,” kata Oesman Sapta di Ruang Rapat GBHN Nusantara V Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (7/5/19).

DPD, lanjutnya, meminta semua pihak menjaga diri sampai pengumuman resmi penetapan pemenang Pilpres 2019. DPD juga mengajak semua pihak untuk menghormait instrumen hukum dan konstitusi yang dianut negara ini dan mengharapkan pemerintah dan lainnya mengambil pelajaran berharga dari pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019.

Ia berharap rapat evaluasi ini menghasilkan solusi yang komprehensif. Pelaksanan pemilu serentak mendatang diharap bisa berkaca dari pelaksanaan pemilu kali ini.

BACA JUGA :  Supaya Kasus Kecelakaan Tak Terulang, Nono Desak Ada Audit Berkala

Dalam rapat, turut hadir Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo serta perwakilan dari Kejaksaan Agung dan Kementerian Hukum dan HAM. [ipk]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini