Aksi unjuk rasa di depan gedung Bawaslu RI, Jakarta, Rabu (22/5/2019) / Ant

telusur.co.id – Aksi 22 Mei yang dilakukan di depan markas Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia, berlangsung ricuh. Kericuhan terjadi, Kamis dini hari tadi. Akibat kericuhan, tidak sedikit peserta aksi mengalami luka-luka, bahkan di hari sebelumnya ada yang kehilangan nyawa.

Merespons dampak kemanusiaan yang ditimbulkan, Forum Zakat melalui beberapa lembaganya menerjunkan tim medis dan tim pendukung lainnya, untuk membantu para korban, baik yang alami gangguan kesehatan, luka-luka, dan dampak lainnya yang lebih parah.

Namun sayang, niat baik lembaga-lembaga anggota Forum Zakat justru dibalas dengan tindakan represif oknum aparat yang bertugas mengamankan jalannya unjuk rasa.

Hal itu sebagaimana disampaikan Forum Zakat dalam keterangan resmi yang beredar dikalangan wartawan, Kamis siang (23/5/19).

BACA JUGA :  Soal Aksi Ricuh, Mahfud MD: Itu Sebenarnya Preman Bayaran

Dalam pernyataan resmi yang diketahui oleh Ketua Umum FOZ, Bambang Suherman, disampaikan salah satu yang mengalami tindakan pemeriksaan berlebihan adalah lembaga kemanusiaan sekaligus lembaga zakat Dompet Dhuafa.

Atas hal itu, Keluarga Besar Forum Zakat yang beranggotakan 121 Organisasi Pengelola Zakat se-Indonesia mengingatkan kepada aparat yang berwenang bahwa tindakan pemeriksaan berlebihan yang dilakukan oknum aparat kepada tim medis Dompet Dhuafa yang sedang bertugas pada unjuk rasa Kamis dini hari tadi, dapat diduga merupakan pelanggaran Pasal 11, Pasal 24-27, Pasal 36, dan Pasal 37 Konvensi Jenewa, yang mana petugas kesehatan harus dihormati dan dilindungi dalam segala keadaan.

“Meminta aparat pengamanan untuk lebih bijaksana dalam bertugas, khususnya kepada relawan kemanusiaan yang bertugas membantu para korban,” tulis Forum Zakat dalam pernyataan resminya.

BACA JUGA :  WhatsApp Dan Instagram Alami Down

Kemudian, pihaknya mengimbau masyarakat Indonesia agar tetap bersikap tenang dalam merespons isu-isu yang bergulir beberapa hari ini. Selain itu, Forum Zakat juga mengimbau masyarakat Indonesia agar tetap menjaga kedamaian dan persatuan bangsa Indonesia.

“Mengimbau kepada seluruh Organisasi Pengelola Zakat (Baznas dan LAZ) untuk tetap konsisten dan profesional membantu siapapun dan dimanapun yang terkena musibah dan membutuhkan pertolongan, terlebih yang bersifat emergency.”

Mengingatkan kepada seluruh anggota FOZ untuk ikut menyebarkan pesan perdamaian dan solidaritas baik kepada masyarakat umum, pegiait medis dan kemanusiaan, serta kepada aparat pengamanan yang sama-sama bertugas. [ipk]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini