petugas sedang memutuskan aliran listrik yang membentang di atas Danau Sunter. Foto :telusur.co.id

telusur.co.id – Wali Kota Jakarta Utara, Syamsuddin Lologau secara simbolis memotong kabel jaringan utilitas atas di Jalan Danau Sunter Utara, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (2/5/2019). Pemotongan kabel dilakukan dalam rangka penataan kota sehingga mempertinggi nilai estetika kota di Jakarta Utara.

“Ini merupakan salah satu program Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyied Baswedan dalam rangka penataan kota. Sehingga ke depannya nilai estetika kota semakin tinggi,” kata Syamsuddin, saat ditemui di Jalan Danau Sunter Utara, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (2/5/2019).

Dijelaskannya, kabel yang dipotong akan dipindahkan ke jalur bawah tanah. Tak sekadar bernilai estetika, jaringan utilitas melalui jalur bawah dianggap lebih aman, baik dari segi keselamatan maupun gangguan jaringan itu sendiri.

BACA JUGA :  Anies Pastikan Siap Layani Ahok di Balkot DKI

“Artinya kalau kabel jaringan utilitas ini di atas itu keindahannya kurang. Tapi kalau di bawah keindahannya lebih bagus dan lebih aman,” jelasnya.

Kepala Suku Dinas Bina Marga Jakarta Utara, Benhard Gultom menerangkan, pemindahan kabel jaringan utilitas dari atas ke bawah menggunakan sistem bor. Pemindahan dilakukan oleh vendor masing-masing pemilik jaringan utilitas, sedangkan pemerintah hanya sebagai fasilitator dan koordinator.

“Kita (pemerintah) sebagai coordinator dan fasilitator saja. Yang memindahkan tetap dari masing-masing vendor pemilik jaringan utilitas,” jelasnya.

Untuk tahap perdana, diterangkannya pemindahan kabel dilakukan di Jalan Danau Sunter Utara, Tanjung Priok dengan panjang berkisar dua kilometer. Jaringan utilitas pun hanya jaringan internet, sedangkan untuk listrik akan dilpindahkan dalam tahap selanjutnya.

BACA JUGA :  Anies Harap KLJ Kurangi Beban Ekonomi Lansia

“Kita harapkan semuanya dipindahkan ke jalur bawah untuk semua wilayah di Jakarta Utara. Tapi ini merupakan satu momentum perdana.,” tutupnya. [asp]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini