Ekonom Rizal Ramli / Net

telusur.co.id – Ekonom senior Rizal Ramli berharap Presiden Jokowi bisa meniru langkah
para pendahulunya dalam memimpin Indonesia.

Merupakan RR, sapaan karibnya, Jokowi bisa mulai dengan meniru sikap Soekarno ketika ditumbangkan oleh Soeharto, ketika loyalisnya sangat banyak mulai dari rakyat hingga angkatan bersenjata.

“Tapi Bung Karno legowo, dia tahu kalau tetap mempertahankan, rakyat yang jadi korban,” ujar RR, Sabtu, (11/5/19).

Mantan menteri perekonomian era Gus Dur ini melanjutkan, presiden ke-2 RI Soeharto juga melakukan hal yang sama saat berkuasa hingga 32 tahun. Ketika rakyat sudah tak berkehendak, maka dirinya bersedia untuk mundur dari tampuk kekuasaan dan diberikan kepada Habibie.

BACA JUGA :  Relawan RAJA Siap Lawan Hoaks dan Menangkan Jokowi-Amin

“Sama, bisa saja Pak Harto kerahkan kekuaatannya untuk mempertahankan,” imbuhnya.

RR juga menyarankan, Jokowi meniru sikap Habibie yang hanya berkuasa sebentar. Namun tetap legowo dengan banyaknya masyarakat yang tidak menginginkan dirinya maju sebagai presiden.

“Gus Dur apalagi, saat didesak mundur, padahal Banser sudah siap untuk membela, kalau Gus Dur mau lawan ya bisa saja bertahan, tapi dia tidak mau,” jelas RR.

Karenanya, jika Jokowi melihat sejarah pemimpin Indonesia, seharusnya sadar bahwa saat ini rakyat sudah tidak menginginkannya lagi.

” Pertanyaan saya, pemerintahan hari ini menangkap nggak sekarang perasaan rakyat yang ingin perubahan?” kata RR bertanya.[Far]

Like :

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini