Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay (tengah).Foto: telusur.co.id

telusur.co.id – Wakil Ketua Komisi IX DPR Saleh Daulay meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melibatkan seluruh jaringan dinas kesehatan di Indonesia untuk berpartisipasi melakukan investigasi menyeluruh terkait meninggalnya ratusan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Karena, menurut Saleh, dengan melibatkan jajaran dinas kesehatan seluruh Indonesia, hasil investigasinya bisa disampaikan ke publik secara bertanggung jawab.

“Ini menyangkut nyawa manusia dan keluarga mereka yang ditinggalkan. Tidak bisa main-main. Kalau mau investigasi, harus sungguh-sungguh. Masalah ini sudah menimbulkan kegelisahan. Banyak spekulasi yang berkembang di tengah masyarakat,” kata Saleh kepada telusur.co.id, Minggu (12/5/19).

BACA JUGA :  KPK OTT Anggota DPR

Diketahui, Kemenkes yang berkoordinasi dengan dinas dan tenaga kesehatan di daerah, melakukan investigasi penyebab meninggalnya petugas KPPS di 15 provinsi.

Berdasarkan laporan dinas kesehatan dari 15 provinsi tersebut, jika diakumulasikan, ditemukan kematian disebabkan oleh 13 jenis penyakit dan 1 kecelakaan.

13 penyakit tersebut adalah infarct myocard, gagal jantung, koma hepatikum, stroke, respiratory failure, hipertensi emergency, meningitis, sepsis, asma, diabetes melitus, gagal ginjal, TBC, dan kegagalan multi organ. Kebanyakan usia korban meninggal di kisaran 50-59 tahun

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengungkapkan, Komisi IX DPR sudah mengagendakan rapat bersama Kemenkes dalam waktu dekat. Agenda rapat, selain membahas isu-isu penting, persoalan hasil investigas juga akan dibahas.

BACA JUGA :  Ketua DPR Minta Ormas 'Penodong' THR Ditindak

“Pasti ditanya (soal hasil investigas). Apalagi, meninggalnya petugas kpps ini terjadi di banyak tempat. Teman-teman di komisi IX pun tentu sudah gelisah ingin mencari tahu penyebabnya,” tandasnya.[Ham]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini