Bambang Soesatyo/telusur.co.id

telusur.co.id – Jelang mudik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menemukan sejumlah bus yang tidak layak jalan sebanyak 1.378 atau 61% bus di DKI Jakarta, 13 dari 77 bus di Lampung, 155 atau 50% bus di Depok, 14 dari 19 bus di Brebes, dan sejumlah wilayah lainnya.

Menanggapi hal itu, Ketua DPR Bambang Soesatyo mendorong Kemenhub melakukan rampcheck secara disiplin dan memberikan pengarahan kepada pengusaha bus untuk melakukan uji kelaikan (KIR) terhadap bus-bus yang akan dioperasikan menjelang mudik Lebaran 2019, agar dapat memberikan rasa aman bagi masyarakat yang akan menggunakan bus pada saat mudik Lebaran.

BACA JUGA :  Ketua DPR Harap SP3 Rizieq Buat Suasana Teduh dan Kondusif

“Mendorong Kemenhub untuk memberikan pengarahan kepada pengusaha bus yang tidak memenuhi syarat kelaikan jalan mengenai Standar Operasional Prosedur (SOP) kendaraan laik jalan dan meminta bus-bus tersebut untuk segera memenuhi persyaratan tersebut, serta mengandangkan bus yang benar-benar tidak dapat memenuhi SOP kendaraan laik jalan,” ujar Bamsoet, Senin.

Bamsoet juga menginginkan Kemenhub memastikan bus-bus atau kendaraan yang digunakan pemudik telah memenuhi syarat dan ketentuan untuk digunakan sebagai sarana transportasi (lulus uji KIR) atau laik jalan.

“Mendorong Kemenhub untuk memberikan tambahan petugas, supir, dan bus laik jalan, jika memang jumlah armada yang ada masih belum mencukupi kebutuhan bagi para pemudik,” katanya.

BACA JUGA :  Ketua DPR Prihatin Atas Musibah KM Sinar Bangun

Tak hanya Kemenhub, Bamsoet juga mendorong Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk memastikan supir yang bertugas, terutama menjelang mudik Lebaran 2019, agar dalam kondisi yang sehat dan mampu untuk menjalankan tugasnya dengan baik.

Mengimbau kepada masyarakat, khususnya penumpang yang akan melakukan perjalanan mudik, agar tidak mudah percaya dengan orang yang baru dikenal dan menanyakan kepada petugas terkait mengenai arah, tujuan, maupun jadwal keberangkatan bus;

“Mengimbau kepada seluruh masyarakat yang akan mudik menjelang bulan puasa dan Hari Raya Idul Fitri untuk memastikan kendaraan yang akan digunakan untuk mudik Lebaran dalam kondisi yang baik dan selalu menjaga ketertiban dalam berlalu lintas serta selalu waspada dan berhati-hati di perjalanan,” tandasnya.

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini