Kitab Suci Al Qur'an


Assalamualaikum.Wr.Wb.
بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Bismillahir Rahmanir Rahiim.

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh degann rahmat, ampunan dan penuh dengan kebaikan dan keutamaan. Bulan diturunkannya kitab suci Al Qur’an. Bahkan semua kitab kitab sebelumnya juga diturunkan dibulan ramadhan.

Sebagaimana dinyatakan Allah Shubhannaahu WabTa’ala dalam FirmanNya :

“Shahru ramadhaanal ladzii unzila fiihii qur’aanu hudan linnaasi wa bayyinaatin minal hudaa wak furqaan”

Yang artinya :
Pada bulan ramadhan telah diturunkab kitab suci Al Qur’an sbg petunjuk bagi manusia dan keterangan2 dari petunjuk dan yang membedakan (antara hak dan batil). (QS. Al Baqarah [2] : 185).

Juga sebagaimana diterangkan dlm kitab Hayaati bahwa kitab sebelum Al Qur’an juga diturunkan dibulan ramadhan :

Diriwayatkan dalam kitab tersebuy. Bahwa Shuhuf (lembaran) kitab nabi Ibrahim as. diturunkan pada hari pertama bulan ramadhan, kitab Taurat diturunkan kepada nabi Musa as. Pada hari ke 6 bulan ramadhan 700 th. setelah turunnya shuhuf kitab nabi ibrahim, kitab Zabur diturunkan kepada nabi Daud as.

Pada hari ke 12 bln ramadhan 500 th sesudah turunnya kitab Taurat. Kitab Injil diturunkan kepada nabi Isa as. pada hari 18 bulan ramadhan 1000 th sesudah turunnya kitab Zabur, terakhir kitab Al Qur’an diturunkan kepada nabi Muhammad Saw. Pada hari ke 27 bln ramadhan, 620 th sesudah turunnya kitab Injil. (Kitab Al Hayati ).

Begitu pula di dalam hadist nabi Rasulallah Shallallaahu alaihi wassalaam bersabda :

“Kalau sekiranya umatku mengetahui apa-apa kebaikan dibulan ramadhan niscaya mereka menginginkan agar supaya seluruh tahun semuanya menjadi bulan ramadhan. Karena semua kebaikan berkumpul dibulan ramadhan, ketaatan bisa diterima, semua doa akan dikabulkan, semua dosa diampuni, surga rindu kpd mrk. (HR. Baihaqi dari Ibnu Abas ra).

Banyak lagi keutamaan bulan ramadhan antara lain :

Datang ke majelis Ilmu/Majelis Ta’lim :

Sebagaimana Sabda Rasulallahu Shallallaahu alaihi wasalam : Barang siapa yg mendatangi majelis Ilmu (pengajian) dibulan ramadhan, maka Allah mencatat tiap-tiap langkahnya sebagai ibadah setahun dan dia akan bersama Ku dibawah panji-panji arsy. (HR. Annas bin Malik ra.).

Mengerjakan Sholat Berjama’ah :

Barang siapa yang melanggengkan sholat berjama’ah dibulan ramadhan, maka tiap-tiap raka’atnya akan diberi satu kota yg penuh nikmat Allah. (H.R.dari Annas bin Malik ra.).

Berbuat baik kpd kedua Orang Tua :

Barang siapa yg berbuat baik kepada kedua orang tuanya dibulan ramadhan, maka akan memperoleh perhatian Allah dgn kasih sayang, sedang saya menjaminnya didalam surga. (HR. Dari Annas bin Malik ra.).

Istri mencari Ridho Suami :

Dan seorang perempuan yang mencari keridhoan suaminya dibulan ramadhan, maka baginya pahala sebagai mana pahala Maryam dan Aisah ra.
(HR. Dari Annas bin Malik ra.).

Menolong sesama Muslim :
Barang siapa nenolong saudaranya sesama muslim dibulan ramadhan, maka Allah akan menolong seribu keperluannya dihari kiamat. (HR. Dari Annas bin Malik ra.).

Inilah beberapa Keutamaan Bulan Ramadhan yang perlu kita ketahui.

Maha Benar Allah dgn segala
firman-Nya !

Semoga bermanfaat bagi akhwan dan akhwat tawakkal dimanapun berada dan semoga Allah Swt meridhoi kita semua. Amiin YRA.

“Taqobbalallahu minna wa minkum”
 وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
(Wassalamu‘alaikum Wr. Wb).

Ust. Rully Hasrul.

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini