Gubernur Jatim Khofifah memimpin apel gelar pasukan angkutan lebaran terpadu 2019. Foto: telusur.co.id/Ari

telusur.co.id – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memimpin Apel Gelar Pasukan Angkutan Lebaran Terpadu 2019 Provinsi Jawa Timur. Simulasi Pemberangkatan dilaksanakan di depan Kantor Dinas Perhubungan Jawa Timur, fontage road Ahmad Yani No. 268, Menanggal, Gayungan, Surabaya.

“Kegiatan Apel Gelar Pasukan yang digelar kali ini, merupakan bagian dari simulasi kesiapan pemerintah dalam melayani pemudik yang melibatkan semua stakeholder, bahkan oleh Pak Menhub (Menteri Perhubungan) dan Bu Menkes (Menteri Kesehatan). Rakornya diadakan di Grahadi dengan mengundang jajaran Polres se-Jawa Timur, Dishub se-Jawa Timur, serta dari jajaran layanan kesehatan,” kata Khofifah, Sabtu, (25/5/19).

Menurut Khofifah, dalam melayani para pemudik, Pemda Jatim juga melibatkan instansi dan sejumlah relawan yang turut berpartisipasi.

BACA JUGA :  Serap Aspirasi Masyarakat, Khofifah Sowan Keuskupan Surabaya

“Relawannya ada dari Basarnas, ada dari Tagana. Relawan-relawan lain juga menyatu. Jadi mengenai kesiap siagaannya Insya Allah dapat terkomunikasi dengan baik,” tutur Khofifah.

Mantan meteri sosial ini berharap, semua kesiapan stakeholder dalam melayani masyarakat selama arus mudik, dapat berjalan dengan baik. Sesuai dengan prediksi yang telah direncanakan pada rapat koordinasi sebelumnya.

Kepala Dishub (Kadishub) dan LLAJ Jatim, Fattah Jasin menambahkan, sebanyak kurang lebih 4.000 orang, baik dari Dishub Kabupaten/Kota maupun operator angkutan umum dan stakeholder terkait, dilibatkan dalam kesiap siagaan untuk arus mudik dan balik Lebaran 2019.

“Operasi Angkutan Lebaran ini akan dimulai pada H-7 sampai H+7 Lebaran. Fokusnya mengenai keselamatan, keamanan, kenyamanan dan kesiapan armada baik transportasi darat, laut dan udara saat di lapangan,” tegasnya.

BACA JUGA :  Mudik Lebaran, Pemerintah Diminta Kontrol Tarif Tol dan Angkutan Publik

Sebanyak 27 Rest area di terminal tipe B atau posko sudah disiapkan oleh Dishub Jatim, untuk para pemudik yang akan melaksanakan lebaran 2019, Rest area tersebut dilengkapi dengan beberapa fasilitas supaya para pemudik tidak mengalami kelelahan saat menempuh perjalanan.

“Dishub Jatim menyediakan posko atau rest area Lebaran di 27 titik dan nantinya akan dilengkapi dengan beberapa fasilitas di Rest area, yaitu tempat istirahat, musholla, kamar mandi, area bermain anak-anak dan ruang cek kesehatan,” tutup Fattah. [Tp]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini