Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar, Muhammad Sarmuji / Net

telusur.co.id – Komisi Pemberantasan Korupsi melakukan pemeriksaan terhadap Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar, Muhammad Sarmuji.

Sekretaris Steering Committee (SC) Munaslub Partai Golkar itu diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi, untuk tersangka kasus dugaan suap proyek PLTU Mulut Tambang Riau-1, yang merupakan Dirut PLN non-aktif Sofyan Basir.

“Pengetahuan saya tentang PLTU sama Sofyan Basir,” kata Sarmuji, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa (7/5/19).

Disampaikan Sarmuji, materi pemeriksaan terkait peran bekas Wakil Ketua Komisi VII Fraksi Golkar, Eni Maulani Saragih yang kini sudah menjadi terpidana. Selain itu, tim penyidik KPK juga menanyakan perihal identitas diri.

BACA JUGA :  Bursa Ketum Golkar, Airlangga Klaim Sudah Dapat Dukungan 460 DPD

“Ditanya dikit saja, tentang biodata saya, tentang Eni Saragih. Soal itu saja,” katanya.

Muhammad Sarmuji pernah menjadi saksi di persidangan kasus PLTU Riau-1. Dalam kesaksiannya dia mengatakan ada aliran dana dari Eni Maulani Saragih untuk kepentingan Musyawarah Luar Biasa Partai Golkar, Desember 2017.

Dalam kesaksiannya Sarmuji mengatakan dana Rp 713 juta diberikan Eni selaku bendahara penyelenggara untuk keperluan Steering Committee Munaslub Golkar.

Eni yang merupakan bendahara bertugas mencari, mengalokasikan dan mengelola keuangan panitia Munaslub. Dana tersebut diduga berasal dari terdakwa Johannes Budisutrisno Kotjo untuk membiayai kegiatan Munaslub Golkar dan juga diduga merupakan bagian dari suap Rp 4,75 miliar yang diberikan Johanes kepada Eni.

BACA JUGA :  Kasus Century, Ada yang Janggal Dalam Putusan Praperadilan

Johannes sendiri dalam persidangan mengaku memberikan Rp 2 miliar kepada Eni untuk keperluan Munaslub Golkar.

Sedangkan dalam surat dakwaan, uang itu disebutkan mengalir ke Munaslub Partai Golkar. Eni meminta kepada Kotjo atas perintah Idrus Marham yang saat itu menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Golkar. [ipk]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini