Tokoh masyarakat etnis Tionghoa, Lieus Sungkharisma ditangkap polisi / Ist

telusur.co.id – Penyidik Polda Metro Jaya menangkap tokoh masyarakat etnis Tionghoa, Lieus Sungkharisma atas dugaan penyebaran berita bohong dan makar.

Tiba di Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Senin (20/5/19) pukul 10.10 WIB, tangan Lieus terlihat diborgol, dan mendapat pengawalan ketat aparat kepolisian, bak seperti seorang teroris.

Kepada wartawan, Lieus mengaku tidak masalah jika dirinya harus ditahan dan merasakan dinginnya lantai penjara. “Ditahan ya enggak masalah, saya ikuti saja,” kata Lieus.

Namun ia merasa mendapat ketidak adilan dalam penangkapan. Sebab, ia mengaku langsung dibawa begitu saja. “Saya langsung ditarik dan diangkat, nggak adil inilah.”

BACA JUGA :  Panglima TNI Minta Penangguhan Penahanan Mayjen TNI (Purn) Soenarko

Lieus dilaporkan oleh Eman Soleman, yang merupakan seorang wiraswasta. Ia dituduh menyebarkan hoaks dan berniat melakukan aksi makar. Laporan dengan nomor LP/B/0441/V/2019/ BARESKRIM tersebut tertanggal 7 Mei 2019 dan telah dilimpahkan ke Polda Metro Jaya.

Pasal yang disangkakan adalah Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP Pasal 14 an/atau Pasal 15, Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP Pasal 107 jo Pasal 110 jo Pasal 87 dan/atau Pasal 163 jo Pasal 107.

Diketahui, Lieus tak memenuhi panggilan pertama penyidik Bareskrim pada tanggal 14 Mei 2019 karena masih mencari pengacara. Dia juga tak memenuhi kembali panggilan kedua, 17 Mei 2019 karena surat panggilan kedua tersebut belum diterimanya. [ipk]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini