telusur.co.id – Sekelompok mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya (FE Unesa) mendapatkan hibah Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-M) dari Belmawa Ristek Dikti.

Kegiatan tersebut berawal dari keresahan mahasiswa melihat tumpukan sampah disekitar pesisir pantai yang menggunung. Tim yang diketuai oleh Umi Hidayah dan dibimbing oleh Novi Marlena, lantas memberikan edukasi kepada masyarakat pesisir pantai Desa Palang Kecamatan Palang Kabupaten Tuban agar lebih peduli kepada lingkungannya.

Selain memberikan edukasi, tim juga akan melakukan penanaman pohon massal di sekitar pesisir pantai dan membentuk kader pecinta lingkungan yang diberi nama “Genpencil”.

Peresmian Genpencil (Generasi Pecinta Lingkungan) untuk membuat masyarakat lebih sadar akan kewajiban mencintai lingkungan agar bersih, asri dan sehat. Genpencil didirikan dengan menggandeng karang taruna desa Palang.

Ketua Karang Taruna desa Palang, Surawan mengatakan bahwa permasalahan di sepanjang pesisir pantai Desa Palang adalah banyaknya sampah yang menggunung dan tidak adanya TPA.

“Iya benar kenapa di sepanjang pesisir pantai Desa Palang banyak sampah karena masyarakat membuang sampah sembarangan serta tidak adanya fasilitas berupa TPA,” herannya. Senin, (27/5/2019).

Karena masalah tersebut diperlukan suatu perubahan seperti lingkungan yang bersih asri dan sehat maka dari itu mahasiswa Fakultas Ekonomi Unesa menyarankan membuat proker berbau lingkungan.

“GENPENCIL (Generasi Pecinta Lingkungan) adalah proker baru dari karang taruna dengan kegiatan pembersihan lingkungan, penanaman 100 tanam, sosialisasi, pembuatan TPA, dan lomba kebersihan setiap 17 agustus,” tegasnya.

Peresmian Genpencil dilaksanakan di kantor kepala desa Palang, kecamatan Palang kabupaten Tuban dengan dihadiri kuang lebih 25 warga, peresmian berjalanan dengan khitmad dan ditutup dengan doa. (ham)

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini